Produsen Terigu Curhat ke Menperin

VIVAnews - Sebanyak 13 orang anggota Asosiasi Produsen Terigu Indonesia (Aptindo) menggerudug kantor Kementerian Perindustrian. Mereka mengeluhkan kasus dumping terigu Turki yang tak kunjung usai.

Mereka meminta rekomendasi Menteri Perindustrian MS Hidayat agar Menteri Keuangan segera mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) untuk impor terigu asal Turki.

"Kami meminta Menperin untuk membela kepentingan kami, industri dalam negeri. Kami juga meminta Menperin untuk mendesak Menkeu segera mengeluarkan PMK itu," ujar Direktur Eksekutif Aptindo Ratna Sari Loppies usai menemui Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa, 9 Februari 2010.

Menurut Ratna, Menperin memberi respon yang bagus atas "curhat" mereka.

Aptindo meminta rekomendasi dari Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) Kementerian Perdagangan per tanggal 31 Desember 2009 segera diimplementasikan. "Jangan sampai injury, makin parah kalau terlalu lama PMK BMAD tidak dikeluarkan," kata Ratna.

Proses penerbitan PMK BMAD tersebut, kata dia, masih diproses di Badan Kebijakan Fiskal (BKF). "Sudah 2 minggu dibatalkan, makanya diundur jadi besok Rabu (10 Februari 2010)," ujarnya.

Ratna menjelaskan, negara Turki telah menerapkan diplomasi perdagangan yang penuh kecurangan dan ketidakadilan. Hal itu terlihat dari banyaknya komoditi asal Indonesia yang terkena kasus dumping di Turki.

"Total ada 13 komoditi kita yang kena dumping di Turki. Sementara kita baru satu ini saja tidak selesai-selesai," ujarnya.

Anggota Aptindo lain dari PT Pundi Kencana Pasha I Sukardi, sekaligus anggota Komisi VI DPR RI, menyatakan pihaknya siap berkompetisi dagang dengan Turki asal dilakukan dengan adil (fair). "Kalau terigu Turki terbukti dumping sesuai anjuran KADI maka harus segera dikeluarkan BMAD," ujar Pasha.

hadi.suprapto@vivanews.com

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024