66 Investor Lirik Lokasi Transmigrasi

VIVAnews - Sebanyak 66 investor tercatat sudah berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan pembangunan transmigrasi di Indonesia. Dari 66 investor tersebut, saat ini telah menginvestasikan dananya sebagai modal awal senilai Rp 10,37 triliun.

Investor yang telah memiliki Izin Pelaksanaan Transmigrasi (IPT) sebanyak 8 perusahaan, dan yang telah membuat nota kesepahaman (MoU) sebanyak 14 perusahaan dengan nilai investasi sebesar Rp 7 triliun.

Sementara itu, investor yang sedang dalam proses penyelesaian IPT sebanyak 16 perusahaan dengan nilai investasi sebesar Rp 3,4 triliun. Investor yang telah menandatangani pakta integritas kesediaan untuk berusaha di kawasan transmigrasi sebanyak 3 perusahaan dengan investasi sebesar Rp 131 miliar. Investor yang masih melengkapi persyaratan ada sebanyak 25 perusahaan dengan perkiraan nilai investasi sebesar Rp 239 miliar.

Sedangkan komoditas unggulan antara lain kelapa sawit, tebu, karet, jagung, ubi jalar dan Hutan Tanaman Rakyat.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menjelaskan, saat ini sudah teridentifikasi potensi area untuk  pembangunan transmigrasi seluas 5,87 juta hektar.

"Saya harap investor dapat bekerjasama memanfaatkan secara optimal potensi yang sudah teridentifikasi tersebut," ujar Muhaimin di sela-sela Temu Nasional Transmigrasi di Jakarta, Rabu, 10 Februari 2010.

Sampai saat ini sudah ada 196 Naskah Kerjasana Antar Daerah (KSAD) yang ditandatangani oleh para Gubernur yang berkomitmen meningkatkan program transmigrasi di daerahnya masing-masing.

Kementerian menargetkan lebih kurang 9.000 keluarga transmigran akan ditempatkan di seluruh daerah pada 2010.

Guna lebih meningkatkan komunikasi, di sela-sela acara tersebut, Menakertrans melakukan business meeting ramah tamah dengan para investor tersebut, dan sebagian yang hadir antara lain, PT Sebakis Inti Lestari, PT Cipta Davia Mandiri, PT Anugerah Energitama, PT Gemilang Sejahtera Abadi, PT Nusa Indah Kalimantan Plantations, PT Citra Sawit Lestari (Wilayah Kalimantan), PT Indo Alam Perkasa, PT Surya Dumai Agrindo, PT Pulau Rupat Sawit Lestari, PT Sinar Alam Sejati, PT Hamita Utama Karsa, PT Andira Agro (Wilayah Sumatera), PT Hardaya Inti Plantations, PT Pabrik Gula Gorontalo (Wilayah Sulawesi), PT Papua Resources Indonesia,  PT Global Perkasa Plantations (Wilayah Papua).

hadi.suprapto@vivanews.com

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024
Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024