BISNIS

PLN Sewa Genset Rp 2 Triliun

Ini dilakukan guna mengatasi krisis listrik di luar Jawa-Bali.
Kamis, 11 Februari 2010
Oleh : Hadi Suprapto, Ferial
foto ilustrasi listrik

VIVAnews- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengucurkan anggaran Rp 2 triliun per tahun untuk melakukan penyewaan genset di enam provinsi di Indonesia. Ini dilakukan guna mengatasi krisis listrik di luar Jawa-Bali.

Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengatakan, penyewaan genset itu akan berjalan selama dua tahun dengan kapasitas 700 Megawatt. "Kita anggarkan Rp 2 triliun," kata dia di Komisi VII DPR,  Jakarta, Kamis 11 Februari 2010.

Dahlan menjelaskan, keenam provinsi yang dilakukan penyewaan genset di antaranya PLN Bangka Belitung yang dijadwalkan gensetnya sudah beroperasi April 2010, PLN Riau dijadwalkan beroperasi Maret 2010, PLN Sulawesi Utara dan Tengah yang meliputi daerah Palu, Gorontalo, Minahasa dan Poso yang dijadwalkan beroperasi pada Maret dan Agustus 2010.

"Untuk Wilayah Sulawesi ini dananya dari APBN," tuturnya.

Sedangkan untuk PLN wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat, genset mulai beroperasi Maret  2010, PLN Maluku Juli 2010, serta PLN NTB yang meliputi Bima, Mataram, dan Sumbawa genset sudah beroperasi sejak awal bulan ini hingga Oktober.

hadi.suprapto@vivanews.com

TERKAIT
TERPOPULER