Renegosiasi 25 Pembangkit, PLN Tunjuk Bahana

VIVAnews - PT Bahana Securities ditunjuk sebagai penasihat (advisor) oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait renegosiasi harga 25 pembangkit dari keseluruhan 48 pembangkit listrik swasta.

"Supaya tidak rumit, kami tunjuk Bahana saja, karena sesama BUMN," kata Direktur Manajemen Bisnis dan Risiko PLN Murtaqi Syamsuddin di gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu 17 Februari 2010.

Murtaqi menjelaskan, selain menggandeng Bahana untuk merenegosiasi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akan memberikan opininya. 

Menurut dia, pada renegosiasi tersebut terdapat dua kemungkinan. Pertama, hasil renegosiasi bisa langsung disepakati.

Kedua, hasil renegosiasi bisa dilakukan arbitrase kepada pengembang dengan rekomendasi dari BPKP.

"Setelah itu kami minta persetujuan dewan komisaris, dan selanjutnya akan mengajukan ke Kementerian ESDM," tuturnya.

Murtaqi menuturkan, 25 pembangkit yang akan dilakukan negosiasi ulang itu di antaranya 20 pembangkit dari bahan bakar non energi terbarukan dan lima berbahan bakar energi terbarukan, yaitu empat pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dan satu pembangkit listrik tenaga uap (PLTA).

"Tahun ini, renegosiasi diharapkan sudah selesai," katanya.

Sementara itu, tahun lalu, renegosiasi tujuh independent power producer (IPP) sudah disepakati. Pembangkit itu adalah pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Rantebala Sulawesi Selatan berkapasitas 2 x 1,6 megawatt (MW), PLTMH Parlilitan Sumut (3 x 2,5 MW), Parluasan Sumut (2 x 2,1 MW), dan Hutaraja Sumatera Utara (2 x 2,5 MW).

Selain itu, terdapat pembangkit Lebong Bengkulu berkapasitas 4 x 3 MW, Manggani Sumbar (1 x 1,6 MW), dan Selai Silau II Sumatera Utara (2 x 4 MW). "Totalnya 41,2 MW," kata dia. 

Sedangkan untuk renegosiasi 16 IPP lainnya, menurut Murtaqi, akan dilakukan setelah renegosiasi 25 pembangkit tersebut rampung dan akan menggunakan skema yang sama.

arinto.wibowo@vivanews.com

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024