23 Ruas Tol Terkendala Pembebasan Lahan

VIVAnews - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, sekitar 23 ruas jalan tol masih terkendala pembangunannya. Kendala itu di antaranya terkait persoalan lahan.

"Bagus jika mulai ada satu per satu jalan tol yang sudah diresmikan," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantornya Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin 22 Februari 2010.

Hari ini, Wakil Presiden Boediono meresmikan gerbang tol Kayu Besar 1 dan Jalan Lingkar Luar 1 (Jakarta Outer Ring Road/JORR West 1) yang melintas di Kebon Jeruk-Penjaringan.

Hidayat lalu mencontohkan salah satu proyek jalan tol di Manado-Bitung sepanjang 35 kilometer yang masih bermasalah dalam pembebasan lahan.

Bahkan, dia melanjutkan, gubernur Sulawesi Utara telah meminta pihaknya untuk mencarikan investor untuk proyek jalan tol tersebut.

"Jadi, selain masalah pembebasan lahan, perlu ada fasilitas fiskal," ujar dia.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian bertekad memperjuangkan selesainya Undang-Undang Pembebasan Lahan pada akhir tahun ini.

Dalam rentang waktu hingga UU tersebut keluar, Hidayat mengusulkan sistem pembebasan tanah yang dijamin pemerintah melalui sistem badan layanan umum (BLU).

arinto.wibowo@vivanews.com

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024