Ditolak Mahasiswa, Sri Mulyani Balik Sindir

VIVAnews - Tahu diri saat didemo mahasiswa Universitas Indonesia tadi pagi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak lantas diam saja. Sempat-sempatnya dalam kuliah umum ia menyindir perlakuan mahasiswa UI itu.

"Kalian mahasiswa UI, kalau mau debat harus pakai intelektual," ujar Sri mulyani sambil menunjuk ke kepalanya. "Debat itukan bisa di mana saja (termasuk demo)," katanya.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa menjalankan roda pemerintahan itu tidak gampang. Maksud penyelamatan Bank Century pun dipaparkan sedemikian rupa (versi Sri Mulyani) kepada mahasiswa yang mengikuti kuliah umum.

"Kami tak ada maksud hanya melihat pada satu bank saja, tapi bagaimana mengupayakan mencari risiko yang minimal untuk mendapatkan manfaat yang besar," kata dia mengungkapkan alasan utama menyelamatkan Bank Century.

Sri Mulyani bercerita bagaimana saat krisis, bank-bank nasional neracanya (aset) mengalami penurunan nilai akibat kurs yang naik. Risiko utang yang membengkak juga terus melonjak. Dari alasan itu Sri Mulyani mengemukakan bahwa penyelamatan itu tidak ada karena alasan kepentingan pribadi, semuanya dilakukan untuk kepentingan negara. Alasan itulah yang harus diketahui mahasiswa bahwa memang ia melakukan itu karena tugas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai alumnus mahasiswa Universitas Indonesia sekaligus dosen di universitas ini tadi pagi sempat ditolak kedatangannya oleh mahasiswa UI melalui unjuk rasa.

Memang pagi ini mulai pukul 08.00 WIB - 10.00 WIB, Sri Mulyani dijadwalkan memberikan kuliah umum Dinamika Perkembangan Ekonomi Indonesia di Fakultas Ekonomi UI.

Tapi arti penolakan ini, tidak lantas membuat semangat Sri Mulyani luntur mengajar. Pasalnya yang mendemo hanya segelintir orang saja, karena kurang dari sepuluh orang. "Jumlahnya tidak banyak, 4 atau 6 orang tadi," ujar salah satu petugas keamanan Kementerian Keuangan kepada VIVAnews, Senin 8 Maret 2010.  "Mereka itu mengenakan jaket kuning (alamater UI)," kata dia.

Petugas keamanan Kementerian Keuangan memang akhir-akhir ini sering diboyong untuk menjaga Sri Mulyani ke mana saja. Penjagaan Sri Mulyani diperketat mengingat kejadian demo di Warung Daun, Jakarta, beberapa waktu lalu yang sempat menghadang Sri Mulyani menjadi pembicara.

Tapi demo pagi tadi, berlangsung singkat, hanya kurang lebih 10 menit. "Malu punya dosen dan alumni maling? Kenapa kampus mendatangkan Sri Mulyani yang jelas-jelas kebijakannya bersalah," ujarnya.

Demo itu dilakukan oleh mahasiswa yang mengatasnamakan Forum Aksi Mahasiswa (FAM). Mereka ini berdemo di depan Halte Stasiun UI untuk menghadang kedatangan Menteri Keuangan sebelum memberi kuliah umum..

"Tapi Menteri Keuangan tidak melalui jalur yang didemo oleh mahasiswa, tapi lewat samping," ujar dia. Sementara yang distop adalah petugas keamanan Menteri Keuangan.

hadi.suprapto@vivanews.com

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024