BISNIS

Chairul Tanjung Melejit Jadi Orang Kaya Dunia

Chairul Tanjung berada di urutan ke 937 dunia dengan total kekayaan US$ 1 miliar.
Kamis, 11 Maret 2010
Oleh : Heri Susanto
Chairul Tanjung, Para Group

VIVAnews - Majalah ternama Forbes merilis daftar orang terkaya dunia 2010. Chairul Tanjung mendadak melejit menjadi salah satu orang terkaya dunia asal Indonesia.

Menurut majalah Forbes yang terbit pekan ini, Chairul Tanjung berada di urutan ke 937 dunia dengan total kekayaan US$ 1 miliar. Pria berusia 47 tahun ini dikenal sebagai pemilik Grup Para. Pria ini sudah menikah dengan seorang istri dan memiliki dua anak.

Kisah sukses Chairul Tanjung bermula dari awal kuliah di jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Biaya masuk kuliah kala tahun 1981 sebesar Rp 75 ribu, dengan uang kuliah per tahun Rp 45 ribu. Rupanya, untuk membayar uang kuliah tersebut, sang ibu sampai harus menggadaikan selembar kain halus.

"Saya betul-betul terenyuh dan shock, sejak saat itu saya bersumpah tidak mau meminta uang lagi ke orang tua," kata dia pada pertengahan Januari 2009 ini.

Semenjak itu, Chairul mulai mencari uang sendiri dengan berbagai cara, mulai dari menjual stiker, buku, tas, kaos, sepatu hingga membuka fotokopi bagi mahasiswa. Dia bekerjasama dengan pemilik mesin fotokopi, dan meletakkannya di tempat strategis yaitu di bawah tangga kampus.

Setelah jatuh bangun berbisnis, Chairul akhirnya sukses membangun Grup Para,. Kini Grup Para mempunyai kerajaan bisnis yang mengandalkan pada tiga bisnis inti. Pertama jasa keuangan seperti Bank Mega, Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Mega Capital Indonesia. Kedua, gaya hidup dan hiburan seperti Trans TV, Trans7. Ketiga berbasis sumber daya alam.

Belakangan, Chairul bekerja sama dengan Jusuf Kalla membentuk taman wisata terbesar di Makassar.

Chairul merupakan salah satu dari tujuh orang kaya dunia asal Indonesia. Dia juga satu-satunya pengusaha pribumi yang masuk jajaran orang tajir sedunia. Enam wakil Indonesia lainnya adalah Michael Hartono, Budi Hartono, Martua Sitorus, Peter Sondakh, Sukanto Tanoto dan Low Tuck Kwong.

heri.susanto@vivanews.com

TERKAIT
TERPOPULER