Bos Facebook Kembali Jadi Miliarder Termuda

VIVAnews - Setelah absen setahun, nama Mark Zuckerberg kembali dimasukkan dalam daftar orang-orang kaya raya. Lebih istimewa lagi, pendiri Facebook, laman jejaring sosial terpopuler itu, masih dianggap sebagai miliarder termuda di tahun ini.

Demikian menurut survei majalah bisnis terkemuka, Forbes, yang dirilis Rabu 10 Maret 2010. Pria lajang 25 tahun itu kali ini bercokol di peringkat 212 sebagai orang kaya dunia dengan nilai kekayaan US$4 miliar. Jumlah tersebut naik lebih dua kali lipat dari nilai kekayaan Zuckerberg pada 2008, yang bernilai US$1,5 miliar.

Menurut Forbes, kembalinya Zuckerberg dalam daftar bergengsi itu akibat melonjaknya jumlah pengguna Facebook, seiring dengan meroketnya nilai pembelian saham pengelola laman itu.

Pada Mei tahun lalu, investor dari Rusia, Digital Sky, sepakat membeli saham dari para karyawan Facebook. Nilai transaksi sebesar US$10 miliar.

Saham Facebook rupanya laris-manis di bursa ekuitas swasta SecondMarket. Kini, total nilai transaksi saham Facebook melonjak hingga US$15 miliar.

Bersamaan dengan itu Facebook kian populer di penjuru bumi. Dalam 12 bulan terakhir, menurut Forbes, jumlah pengguna Facebook meroket 130 persen menjadi 400 juta pengguna.

Tak heran bila Zuckerberg, yang gagal menyelesaikan kuliah di Universitas Harvard, kini dikenal sebagai wiraswasta yang sukses di tengah usia yang masih muda.

Seperti pernah diberitakan VIVAnews, pada 4 Februari 2004, pemilik nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini meluncurkan Facebook dari asramanya di Universitas Harvard. Situs itu sukses besar. Lima belas hari setelah diluncurkan, lebih dari duapertiga siswa Harvard mendaftarkan diri di Facebook.

Lantaran di Harvard sukses besar, bersama teman sekamarnya, Dustin Moskovitz, mereka menyebarkan Facebook ke kampus-kampus lain seperti Stanford, Columbia, dan Yale.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Setelah itu mereka merambah ke sekolah-sekolah yang terdaftar di Ivy League--sekolah swasta favorit yang memiliki tim olah raga menonjol-- dan sekolah lain di kawasan sekitar Boston. Pada awal musim panas 2004, Mark dan Dustin sudah berhasil menyebarkan Facebook hampir ke 30 sekolah.

Belum selesai musim panas tahun 2004, programmer muda super inovatif kelahiran 14 Mei 1984 ini bersama Dustin Moskovitz pindah ke Palo Alto. Mark mengajak pacarnya yang bernama Priscilla Chan. Dengan beberapa teman lain, di sana mereka terus mengembangkan Facebook.

Rencananya, Mark dan teman-temannya pulang ke Harvard di musim gugur untuk kembali berkuliah. Tapi rencana pulang ke kampus itu tidak pernah terjadi. Mark memilih menetap di California dan tidak melanjutkan kuliah. Priscilla tetap kembali ke kampus.

Di Palo Alto, Mark bersama kawan-kawannya menyewa sebuah rumah kecil. Inilah kantor pertama mereka. Di musim panas tersebut Mark juga bertemu dengan Peter Thiel yang kemudian bersedia untuk melakukan investasi di perusahaan baru itu. Sejak saat itu kesuksesan terus diraih. Mereka kemudian menyewa sebuah kantor di University Avenue di pusat kota Alto.

Sampai saat ini Facebook telah memiliki tujuh buah bangunan di Palo Alto, yang disebut oleh Mark Zuckerberg sebagai “urban campus”. Mark Zuckerberg sendiri masih aktif dan bertanggungjawab untuk mengarahkan serta membuat strategi bisnis Facebook. Ia memimpin tim desain, layanan, dan pengembangan teknologi serta infrastrukturnya.

Ilustrasi pergerakan saham

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Saham berdividen merupakan saham dari perusahaan yang secara rutin membayar dividen kepada para pemegang saham. Berikut ini penjelasan manfaat dan risiko saham berdividen

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024