Menkeu: Kini, Saatnya Indonesia Percaya Diri


VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kondisi ekonomi Indonesia saat ini berada dalam situasi yang baik.

“Ini saatnya kita percaya diri, di tahun 2010,” ujar Sri Mulyani di seminar  ‘Indonesia 2010: How Do We Stay Ahead?” dari siaran pers Citigroup di Jakarta, Jumat, 19 Maret 2010. "Indonesia telah membuktikan pertumbuhan yang konsisten."

Menurut Menkeu, momentum pertumbuhan Indonesia diprediksikan akan terus melaju tahun ini. Lebih dari satu tahun sejak krisis menimpa banyak negara di dunia, perekonomian di Asia telah berkembang dengan kuat dan bahkan diprediksikan akan melampaui kinerja negara-negara lain dalam skala global.

Managing Director Head of Asia Economics Research di Citigroup, Johanna Chua menilai konsumsi dan ekspor bersih telah menjadi faktor pendorong pertumbuhan, dan konsumen Indonesia tetap optimis. "Ini menjadikan sektor komoditas dan manufaktur berpotensi besar untuk dikembangkan.”

Dalam seminar itu, para pembicara membahas bagaimana Indonesia telah berhasil menghadapi situasi yang dinamis semenjak krisis ekonomi global, serta bagaimana Indonesia dapat mempersiapkan diri untuk masa depan negeri. Investasi diperkirakan akan memainkan peran yang lebih besar.

"Iklim investasi di Indonesia perlu ditingkatkan demi pertumbuhan ekonomi," kata ekonom UI Chatib Basri. Menurut dia, dalam hal investasi, prospek bagi investor nampak menjanjikan.

Indonesia saat ini berada di peringkat 15 besar untuk Investasi Asing Langsung menurut UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development). Indonesia juga berada di posisi ke-120, di atas India dan Filipina, dalam kemudahan berbisnis di Asia menurut World Bank.

Guna mendorong peningkatan investasi, Johanna menyarankan adanya situasi politik yang stabil, iklim yang menunjang, dan tingkat likuiditas yang tinggi.

Ini didukung pula oleh pengamat politik Eep Saefulloh Fatah, yang optimis bahwa suasana politik di Indonesia akan tetap stabil. “Tidak ada potensi gangguan yang berarti bagi aktivitas investasi,” katanya.

Curhat Masa Lalu, Natasha Rizky Sempat Ogah Syuting karena Diputusin Desta
[dok. PT Pelni (Persero)]

Pelni Angkut Gelombang Kedua Arus Balik Lebaran Gratis Sepeda Motor, Bisa Daftar di Tempat

PT Pelni bakal memberangkatkan angkutan gratis sepeda motor dari Semarang menuju Jakarta pada arus balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024