BPS: Pertumbuhan Kuartal I Mendekti 6%

Pekerja sedang mengecat salah satu kantor di Jakarta
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan optimis pertumbuhan ekonomi kuartal I 2010 ini bisa mendekati 6 persen. Perkiraan ini didasarkan pada pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya yang berada pada titik terendah.
 
Rusman mengatakan dengan sedikit pemulihan saja, karena alasan krisis global tahun kemarin, kali ini pertumbuhan ekonomi diyakini bisa cukup bagus. "Untuk mendekati 6 persen, itu mudah, sangat mungkin," kata Rusman di DPR, Jakarta, Selasa 13 April 2010.
 
Rusman mengatakan, positifnya pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama ini akan bisa membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan positif. Tentunya ini akan membawa pertumbuhan ekonomi tahunan mendekati asumsi batas atas dari perkiraan pemerintah.
 
"Kuartal pertama ini penting karena menjadi penopang untuk berjalannya kuartal berikutnya, sehingga nanti ruang year on year akan semakin baik," kata dia.

Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan bisa mendekat angka 5,7 persen. Sementara itu Bank Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun diperkirakan antara bisa 5,5 - 6 persen.

hadi.suprapto@vivanews.com

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024