Markus Selain Gayus Masih Berkeliaran

Gayus Tambunan Tiba di Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/ Anhari Lubis

VIVAnews - Panitia Kerja (Panja) Pajak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengungkapkan pelaku makelar kasus (markus) pajak di luar Gayus Tambunan sampai saat ini masih berkeliaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panja Pajak DPR Melchias Marcus Mekeng usai rapat dengar pendapat dengan 10 pejabat nonaktif di Direktorat Keberatan dan Banding Ditjen Pajak di ruang Komisi XI, gedung DPR, Jakarta, Kamis 15 April 2010.

Menurut Melchias, dalam pertemuan tersebut, mantan Direktur Keberatan dan Banding Bambang Heru Ismiarso mengatakan bahwa besar kemungkinan ada Gayus lain yang berkeliaran di Ditjen Pajak.

"Bambang mengatakan masih banyak yang berkeliaran, tapi dia tidak tahu siapa saja," katanya.

Dari hasil dengar pendapat tersebut, Melchias mengungkapkan besar kemungkinan Gayus memanfaatkan kelemahan sistem yang ada di Ditjen Pajak. Selain kelemahan sistem, Panja Pajak juga menyoroti lemahnya pengawasan dari direktorat tersebut.

"Ada kelemahan sistem prosedur di dalam, di mana dikeluarkan surat tugas, tapi tidak ada pengawasan terhadap penugasan dan penempatan," ujarnya.

Mendengar penjelasan dari 10 pegawai pajak nonaktif tersebut, Panja juga berpandangan bahwa Gayus selama ini dapat melakukan aksinya karena tugasnya sebagai penelaah keberatan dan banding.

"Dia bermain di dua pisau," ujarnya seraya mengatakan Gayus lebih banyak bermain di luar lingkungan Ditjen Pajak.

Kendati sudah melakukan pertemuan hampir tiga jam, Panja Pajak mengaku belum memperoleh 100 persen informasi dari 10 pejabat nonaktif tersebut. Selain karena keterbatasan waktu, hal itu juga disebabkan pembicaraan lebih banyak membahas mekanisme kerja di direktorat tersebut.

Untuk itu, Panja Pajak akan menjadwalkan pertemuan kembali dengan 10 pejabat pajak nonaktif tersebut sambil menunggu jawaban tertulis dari pertemuan yang harus diselesaikan dalam waktu 10 hari setelah pertemuan hari ini.

arinto.wibowo@vivanews.com

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran
Divisi Humas Polri menggelar buka puasa bersama wartawan

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Divisi Humas Polri bersama wartawan menggelar acara buka puasa bersama di kantor Divisi Humas Polri pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024