SBY Tekankan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

SBY kunjungi pasar sukowati
Sumber :
  • Abror Rizki, Biro Pers Istana

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi terselenggaranya pameran kerajinan tangan Inacraft ke-12 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta.

Presiden meminta kepada seluruh industriawan dan pengusaha kreatif nasional agar menekankan produk-produk kreatif di masa mendatang bisa lebih ramah lingkungan.
 
"Ini karena di era sekarang, manusia sejagat dituntut untuk sadar dan bertanggung jawab untuk menyelamatkan bumi," ujar Presiden melalui video telekonferensi kepada para peserta pembukaan pameran Inacraft ke-12 di JCC, Jakarta, Rabu 21 April 2010.
 
Presiden pun mengatakan, dengan produk yang ramah lingkungan, masyarakat akan semakin menghargai produk asal Indonesia, sehingga akan meningkatkan daya saing produk itu sendiri.
 
Masyarakat, Presiden melanjutkan, harus mulai sadar dari berbagai kerusakan lingkungan termasuk efek global warming. Karena itu, ekonomi kreatif dengan penggunaan alam, lingkungan, harus mengedepankan prinsip kelestarian lingkungan.

Namun, tidak hanya itu, menurut Presiden, semua usahawan juga diminta agar jangan sampai mengesampingkan warisan sejarah, tradisi, dan budaya sendiri.
 
"Tema pameran kali ini adalah 'from smart village to global market' atau dari desa cerdas ke pasar global. Saya mengajak pelaku industri agar bisa semakin kreatif dan inovatif," kata dia.
 
Namun, tidak bisa berdiri sendiri, SBY menambahkan, bahwa semua potensi dan bakat di bidang kreativitas tersebut harus didukung dengan kapasitas bidang lain. Misalnya, dukungan itu adalah dalam hal produksi, pemasaran hingga pelayanan purna jual.
 
Presiden pun meminta agar pengusaha Indonesia semakin kreatif dalam membuat produk dengan desain yang menarik, kualitas yang unggul serta dalam packaging dan branding yang kuat.
 
"Semua itu perlu dilakukan dan tantangan kita di global tidak ringan," tuturnya. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila
Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024