Menkeu: Hati-hati Inflasi Tengah Tahun

Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah masih mengkhawatirkan perihal tren angka inflasi yang terus berjalan sepanjang 2010. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah sangat hati-hati karena pada tengah tahun ini banyak faktor musiman yang menjadi penyebab penyumbang inflasi.
 
Sri Mulyani mengatakan dengan melihat tren inflasi itu, kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah harus mampu menjaga daya beli masyarakat. Pasalnya inflasi adalah indikator dimana kekuatan daya beli itu bisa terus digrogoti.
 
"Kami lihat tren inflasi selama 4 bulan ini terus meningkat, untuk itu kami masih harus waspada sampai menjelang pertengahan tahun nanti," kata Sri Mulyani di DPR, Sabtu sore, 1 Mei 2010.
 
Bersama Anggota DPR, kata dia, pemerintah telah mengubah postur dan asumsi APBN yang lebih realistis, misalnya dengan pertumbuhan ekonomi naik dari 5,5 persen menjadi 5,8 persen. Tak hanya itu, harga minyak, nilai tukar, inflasi, dan SBI 3 bulan, juga telah disesuaikan semakin baik.
 
Rencananya Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN Perubahan) 2010 tinggal diparipurnakan Senin 3 Mei 2010.
 
Tentang inflasi itu, kata dia, polanya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
Mengapa tengah tahun harus waspada? kata Sri Mulyani karena dilihat dari sisi faktor-faktor penyumbang inflasi, kontribusinya semakin meningkat. Ia mengambil contoh-langkah kehati-hatian kebijakan itu misalnya dalam hal penentuan harga pangan dimana musim panen sudah lewat.
 
Selain itu faktor menjelang Juni juga berpotensi meningkatkan inflasi karena biasanya musim masuk sekolah memperbesar kemungkinan harga naik. Musim menjelang liburan puasa, lebaran, natal dan akhir tahun juga menjadi faktor lain yang diperhitungkan. Tapi secara keseluruhan pemerintah yakin bahwa inflasi akan terjaga pada angka 5 persen. (hs)

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024