BI: Induk BPR Sebaiknya Dilakukan Bank Umum

Deputi Gubernur Bank Indonesia Bagian Pengawasan, Budi Rochadi
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) menegaskan pembentukan lembaga bank Apex bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) seharusnya dilakukan oleh bank umum.

"Kerja sama antara bank umum sebagai lembaga Apex BPR dan BPR anggota Apex harus terbangun atas dasar hubungan bisnis yang saling menguntungkan," kata Deputi Gubernur BI S Budi Rochadi dalam sambutan penandatanganan perjanjian kerja sama pembentukan lembaga Apex bagi BPR di wilayah Jabodetabek dan Riau di Gedung BI, Jakarta, Senin 3 Mei 2010.

Menurut Budi, bank umum bertindak sebagai lembaga Apex bagi BPR karena sistem operasional dianggap lebih mudah. Selama ini, BI hanya mengenal penyediaan fasilitas atau akses kepada sistem pembiayaan yang dilakukan oleh bank umum.

"Yang jelas, bank umum bisa ikut dalam sistem pembayaran kita. Jadi, jangan kaget kalau nasabah bank BPR nantinya bisa memiliki kartu ATM," katanya.

Selain itu, bank umum memiliki kemampuan manajerial uang yang lebih unggul dan instrumen lebih lengkap dalam pengelolaan dana serta dukungan modal yang lebih tinggi.

Bahkan, menurut Budi, BI memimpikan bank umum yang menjadi lembaga Apex bisa berfungsi sebagai kliring house bagi bank-bank BPR.

Polisi Gerebek Kamar Kos yang Produksi Tembakau Sintetis di Pesanggrahan Jaksel

Walaupun untuk tujuan semacam ini masih banyak aturan-aturan yang harus dikaji agar tidak berbenturan dengan peraturan yang sudah ada.

"Ini perlu pemikiran yang lebih detail, sistem informasi lebih baik, dan semoga bisa dicapai oleh perbankan kita," ujar dia.

Namun, BI juga mengatakan, tidak semua bank umum dapat menjadi lembaga Apex bagi BPR. Hanya bank dengan permodalan kuat dan manajemen risiko tangguh yang bisa menjadi lembaga Apex.

Untuk diketahui, saat ini baru tercatat tiga bank yang telah menjadi lembaga Apex bagi BPR yaitu Bank Andara, BPD Riau, dan BPD Nagari.

Budi juga mengakui, pembentukan lembaga Apex BPR membutuhkan waktu kurang lebih 10 tahun.

Proyek lembaga Apex pertama kali mengemuka pada 2004 yang ditindaklanjuti dengan pelaksanaan pilot project di beberapa wilayah dengan berbagai model.

"Dari hasil evaluasi atas pelaksanaan pilot project itu dan berdasarkan pada best practices disimpulkan bahwa bentuk lembaga Apex yang paling ideal adalah bank umum atau unit bank umum," kata dia. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Ilustrasi puasa.

Kenapa Puasa Malah Bikin Lemas? Ahli Ungkap Kesalahan Fatal Ini Saat Berpuasa

Tidak mengherankan jika saat berpuasa, kita memilih untuk tidak banyak melakukan aktivitas agar tidak semakin lemas.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024