RI Rawan Penyelundupan Beras

Angkut Beras
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVAnews - Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi mengatakan bahwa beras nasional saat ini rawan penyelundupan. Kerawanan itu karena harga beras dunia sedang turun drastis, bahkan lebih rendah dibanding turunnya harga beras nasional.
 
Sayangnya berapa angka penurunan ini, Bayu mengaku tidak hafal. "Tapi kecenderungan penurunan ini di harga internasional cukup drastis," kata Bayu di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa 4 Mei 2010.

Dengan alasan itu, pemerintah harus mencermati kemungkinan adanya upaya penyelundupan. "Penyelundupan ini rawan dan harus dicermati sekarang," ujar dia.
 
Bayu mengakui, beberapa wilayah di dalam negeri memiliki harga pokok pembelian (HPP) gabah lebih rendah dari yang ditentukan.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Meski demikian, hal itu tidak terjadi pada semua wilayah. Menurut Bayu, penurunan harga gabah itu diakui karena masalah kualitas. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024