Juni, PLN Buka Tender Konstruksi PLTA Asahan

Dahlan Iskan
Sumber :
  • perskita.wordpress.com

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan membuka tender konstruksi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Asahan 3, Sumatera Utara, bulan depan.

"Kita akan buka tender EPC (rekayasa, pengadaan, dan konstruksi) Juni mendatang," kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di kantor DPR/MPR,  Jakarta, Senin 10 Mei 2010.

Dahlan menjelaskan, rencananya Rabu mendatang dia akan melakukan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan proyek. Rencananya, pembangkit ini berkapasitas  2x90 megawatt.

Proyek ini dibangun dengan pendanaan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) sebesar US$ 250 juta. Proses penelitian dan studi kelayakannya saja telah menghabiskan Rp 100 miliar.

Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi, Kementerian Energi, J Purwono menuturkan, pembangunan PLTA Asahan 3 telah disahkan dalam rapat kabinet dengan Wakil Presiden, Menteri Energi, Menteri Negara BUMN, dan Gubernur Sumatera Utara. Sehingga dalam pembangunan proyek tidak perlu izin khusus pemerintah.

"Kan mereka sudah ada Rencana Umum Pembangunan Tenaga Listrik yang disetujui menteri yang berisi bukan persetujuan untuk satu proyek tetapi keseluruhan," kata dia. "Dalam rapat dengan Gubernur, Wapres meminta Gubernur memberikan izin lokasi kepada PLN, secepatnya," tuturnya. (hs)

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
Layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Tradisi mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun terhambat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik, PT Suzuki I

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024