Sri Mulyani Bikin Buku 1001 Tentang APBN

Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVAnews - Sebelum berangkat ke kantor barunya di Bank Dunia akhir Mei 2010, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mempunyai jadwal khusus terkait peluncuran sebuah buku.
 
Buku ini termasuk unik karena murni hasil karya sendiri dan merupakan cita-cita Sri Mulyani sejak 10 tahun lalu. Buku yang isinya membahas seluk beluk mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Republik Indonesia itu dipandang sangat diperlukan semua orang.
 
"Buku ini saya susun untuk menjawab 1001 tentang pertanyaan APBN," kata Sri Mulyani di sela acara temu wartawan di kediamannya, Jakarta, Kamis 13 Mei 2010.
 
Buku itu diakui belum sempurna, bahkan belum berjudul. Namun, dia berjanji sebelum keberangkatannya nanti, buku yang belum sempurna itu sudah bisa diterbitkan.
 
"Itu karena sampai hari ini, dari tahun 2000 sampai 2010, pemahaman banyak dari kita, baik pemerintah atau akademisi. Masih banyak yang belum catch up dengan perubahan itu," kata Sri Mulyani.
 
Sri Mulyani berharap, dengan adanya buku itu, akan semakin banyak orang tahu dan paham tentang ekonomi. Tujuannya agar penyelenggaraan negara dan upaya mengkritisi yang dilakukan berbagai kalangan bisa semakin baik.
 
"Jadi, di ekonomi, kita kalau berdebat harus bisa menerima perbedaan tentang suatu kebijakan. Ini agar debatnya berkualitas," kata dia. (jn)

arinto.wibowo@vivanews.com

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka
Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah menyiapkan pompanisasi untuk mengatasi dampak El Nino. Menurut dia, langkah ini sudah disepakati saat rapat terbat

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024