BISNIS

Lima Pekerjaan Gaji Tinggi, Stress Rendah

Anda sesungguhnya tidak perlu memilih karir yang membuat jantung berdebar-debar.

ddd
Senin, 17 Mei 2010, 10:44
Wanita menggunakan komputer laptop
Wanita menggunakan komputer laptop (telegraph.co.uk)

VIVAnews - Jika Anda seperti ribuan pencari kerja lainnya, Anda mungkin sempat pernah bermimpi bisa meraup duit banyak tanpa harus berurusan dengan pekerjaan yang penuh tekanan. Gaji tinggi, tetapi tekanan rendah, sepertinya terlalu enak didengar, apalagi jika menjadi kenyataan.

Percaya atau tidak, Anda sesungguhnya tidak perlu memilih karir yang membuat jantung berdebar-debar sebagai dokter bedah otak, pilot pesawat atau broker saham, untuk pulang membawa duit setumpuk.

Faktanya, ada beberapa jenis pekerjaan yang menegangkan, tetapi bayarannya cukup mengejutkan. Misalnya, polisi, petugas pemadam kebakaran dan pekerja sosial. Pekerjaan mereka mungkin paling menegangkan di dunia, sayangnya kebanyakan dari mereka digaji kurang dari US$ 45.000 setahun.

Begitupun dengan tentara yang menghadapi risiko kematian setiap hari, mereka cuma memperoleh kurang dari US$ 30.000 setahun. Jadi, bisa dikatakan, stres yang tinggi tidak selalu identik dengan gaji besar atau sebaliknya.

Namun, sesungguhnya ada banyak pilihan karir pekerjaan yang sebenarnya tidak terlalu menegangkan, sedangkan bayarannya cukup menggiurkan.

Artikel yang dirilis di yahoo.finance, 15 Mei 2010 ini memang mengacu pada jenis pekerjaan yang dilakukan di Amerika. Namun, sebagian dari pekerjaan ini mungkin dilakukan oleh pekerja di Indonesia, bahkan mungkin mulai dan akan berkembang di sini.

Berikut ini beberapa contoh pekerjaan tersebut.

Ahli Software Komputer
Jika Anda seorang ahli teknologi informasi yang memburu karir relatif rendah tekanan, Anda mungkin perlu menekuni bidang rekayasa software. Insinyur yang memiliki keahlian software, mampu merancang dan menguji berbagai jenis perangkat lunak, mulai dari game untuk sistem operasi hingga aplikasi bisnis.
Belakangan ini, ahli software juga dapat bekerja dari rumah, karena pekerjaan mereka praktis bisa dikerjakan dari manapun. Rata-rata, tenaga ahli software memiliki penghasilan dengan kisaran cukup tajam antara US$ 54,000-130,000 setahun.

Insinyur Teknik Sipil
Insinyur sipil bertugas merancang dan membangun infrastruktur negara, dari bangunan umum, jalan untuk pasokan air, serta sistem pengendalian polusi. Jelas, proyek ini memang tidak bebas tekanan, tetapi insinyur sipil umumnya bekerja dalam sebuah tim, yang membantu mengurangi tekanan. Sebagai bonus, para insinyur sipil juga menikmati tenggat waktu lama. Faktanya, kebanyakan dari mereka hanya membutuhkan waktu beberapa tahun untuk merancang dan merencanakan proyek sebelum konstruksi dimulai.

Insinyur sipil juga tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memburu pekerjaan. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, lapangan kerja bagi insinyur sipil diperkirakan melonjak 24% hingga 10 tahun ke depan - jauh di atas rata-rata untuk semua jenis pekerjaan di Amerika. Rata-rata sarjana teknik sipil membawa pulang US$ 50.000-115.000 setahun.

Penulis Gatget

Di era berteknologi tinggi, berbagai produk terobosan baru, teknologi mobile atau gadget inovatif yang kini praktis dirilis sehari-hari. Jelas, mereka membutuhkan seseorang yang jago menulis tentang teknologi barang-barang yang rumit ini. Di situlah para penulis teknik yang mudah dicerna dan dipahami konsumen sangat berperan.

Meskipun mereka terkadang menghadapi tenggat waktu ketat, penulis teknik ini biasanya menikmati jam kerja fleksibel, serta ruang kerja nyaman dan tenang. Cukup banyak dari mereka yang cuma butuh waktu 10 detik perjalanan dari kamar tidur menuju meja mereka. Karena yang dibutuhkan hanya telepon dan komputer dengan koneksi internet, penulis teknik banyak bekerja dari rumah. Rata-rata, penulis teknik mendapatkan US$ 47.000-98.000 per tahun.

Terapis Fisik
Pekerjaan di bidang kedokteran seperti perawat dan dokter memang dikenal cukup menegangkan. Tetapi, terapis fisik bisa memperoleh keuntungan di balik itu. Pertama, mereka memiliki jam kerja fleksibel dan umumnya tidak diharapkan bekerja malam hari. Kedua, terapis banyak bekerja sendiri sehingga mereka tak harus berurusan dengan stres karena tekanan dari bos.

Ketika generasi Baby Boomer terus tumbuh dewasa dan menghadapi tantangan fisik yang baru, terapis akan selalu dibanjiri pasien. Akibatnya, terapis fisik jarang menderita karena kekurangan pasien. Untuk pekerjaan ini, mereka umumnya memperoleh penghasilan rata-rata US$ 50.000-105.000 setahun.

Terapis Pijat 
Jangan membayangkan ini seperti tukang pijat di Indonesia. Di Amerika, tenaga terapis pijat dikenal sebagai pekerjaan rendah tekanan dan cukup santai bagi banyak orang. Kebanyakan terapis pijat bukan hanya bekerja sendiri, tetapi mereka juga mencium harumnya aromaterapi, mendengarkan musik yang menenangkan sepanjang hari saat mereka bekerja.

Karena kebanyakan terapis pijat bekerja paruh-waktu, penghasilan tahunan mereka juga sangat bervariasi. Namun, sebagian besar biaya memijat per jam, rata-rata antara US$ 10-35 jam. Jika klien cukup banyak, maka dengan mudah bisa mendapatkan penghasilan US$ 45.000 atau lebih. Tentu saja, klien tidak akan banyak, jika cara memijatnya salah.

Berita Favorit Lainnya:

1. Rahasia di Balik Usia 100 Tahun
2. Ada "Segitiga Bermuda" di Michigan
3. Wanita Cantik Ini Hobi Nonton Tarian Erotis
4. Jodoh Anda berdasarkan Zodiak
5. Sri Mulyani Dilepas Bak Pragawati
6. Kapolri Gerah Ditanya Soal Susno
7. Penjelasan SBY Soal Koalisi
8. Hotel Bintang Lima Dihajar Tentara
9. Bahaya Pasang Foto di Facebook
10. Bayar Rp 5.000, Dapat Pulsa Rp 500 Ribu



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
febri.asmara
05/02/2012
di artikel ini yg dimaksud "Ahli Software Komputer" bukan programmer.. :'(.. tapi konsultan... - lagian gak mungkin programmer "stress rendah"...be smart.. - Vivanews memakai kata "Ahli Software Komputer", kenapa gak pake kata "programmer" ??
Balas   • Laporkan
onthetrax
19/01/2012
Ahli Software Komputer ? hmhmh, coba tanya ma Programmer vivanews untuk tepatnya hehhe
Balas   • Laporkan
josso_ancuk | 19/01/2012 | Laporkan
Bantu Sundul
Bima
05/07/2010
Asli.. setuju ma Reni!
Balas   • Laporkan
lucky
17/05/2010
hahahahha...perasaan tukang pijet saya dari dulu ampe sekarang ga kaya2 ah.
Balas   • Laporkan
yanz_trader
17/05/2010
jd Forex Trader dunk...enak gila
Balas   • Laporkan
Reni
17/05/2010
Tentang Insinyur Sipil bebas tekanan, hah.... yang benar saja. Kalau bekerja di konsultan bisa jadi (walau tidak bebas tekanan sama sekali), kalau bekerja untuk kontraktor besar dan terkenal harus siap berangkat pagi pulang menjelang pagi. Kepanansan, res
Balas   • Laporkan
jj
17/05/2010
kalo standratnya amerika mah apa2 bisa jadi .. kan mereka menghargai banget jasa manusia .. kl di indo ..mimpi aja kaleee
Balas   • Laporkan
dan
17/05/2010
ya mengalami setres terlalu tingi garena gaji tinggi otomatis pekerjan semakin banyak ya perlu relaksasi terus harus bekerja semakin setres ya mau giman refesing /otbun ya
Balas   • Laporkan
imin
17/05/2010
terapis pijat??? hmmm di kampung gw tukang pijat nggak punya rumah sendiri tuh..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id