BISNIS

Satu Tahun, Merpati Ditarget Benahi Diri

Sebab, Perusahaan Pengelolaan Aset siap mengucurkan dana tahap dua sebesar Rp 310 miliar.

ddd
Kamis, 27 Mei 2010, 17:04
 
  (ANTARA/Yusran Uccang)

VIVAnews - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) memberi jangka waktu satu tahun kepada PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) untuk bangkit dari keterpurukan.

Pasalnya, Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) siap mengucurkan dana tahap kedua sebesar Rp 310 miliar.

Menurut Meneg BUMN Mustafa Abubakar, saat ini, pencairan dana tersebut masih dalam tahap proses. "Kita harapkan segera mungkin cair, karena  Juni 15 pesawat yang didatangkan dari China mulai beroperasi," ujar dia dalam sambutan Pelantikan Direksi dan Dewan Komisaris PT ASDP Ferry dan MNA (persero) di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Kamis 27 Mei 2010.

Dia menambahkan, jika dalam batas waktu yang diberikan tersebut hasil kinerja MNA tidak sesuai dengan yang diharapkan, pemerintah mempertimbangkan kembali eksistensi Merpati.

"Jika pinjaman disetujui PPA, diharapkan ini yang terakhir dan kalau Merpati gagal eksistensinya dipertimbangkan lagi," kata Mustafa.

Mustafa menuturkan, tentunya direksi baru MNA akan mengemban tugas berat, mengingat Merpati dalam masa kritis. Untuk itu, guna membangkitkan maskapai penerbangan ini direksi harus membuat terobosan-terobosan baru serta melakukan efisiensi biaya yang tertera dalam rencana bisnisnya. "Efisiensi itu bisa diwujudkan dalam biaya operasi," ujarnya.

Sebelumnya, PPA sudah mengucurkan dana Rp 300 miliar untuk restrukturisasi MNA. Jika dana tahap kedua Rp 310 miliar disetujui, totalnya menjadi Rp 610 miliar. (wm)

antique.putra@vivanews.com



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id