Sorini Bangun Pabrik Tapioka

VIVAnews - PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk (SOBI) berniat membangun pabrik tepung ketiga di Lampung. Proyek senilai Rp 100 miliar ini akan dibangun mulai 2009, dan diharapkan bisa beroperasi pada 2010. Perseroan akan memperbesar pasar ekspor ke Amerika Selatan, Rusia, Eropa Timur, dan Afrika.

Direktur Utama Sorini Haryanto Adikoesoemo mengatakan, pabrik ini untuk mencukupi kebutuhan industri tapioka. Kebutuhan tepung tapioka perseroan sebagai sebagai produsen sorbitol, bahan baku pembuat pasta gigi, kini baru tercukupi 25 persen. Dengan adanya pabrik baru, alokasi tepung tapioka untuk internal bisa menjadi 40 persen.

"Pada 2010, produksi tepung tapioka bisa bertambah 250 metrik ton per hari, " kata dia, saat paparan publik di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa 16 Desember 2008.

Haryanto mengatakan dana pembangunan pabrik berasal dari kas perseroan. Perseroan mampu meraih kas hingga Rp 150 miliar per tahun. Ia mengungkapkan peseroan juga mengalokasikan dana Rp 12 miliar - Rp 15 miliar untuk menanam singkong, bahan baku tepung tapioka, di Lampung.

Sorini memiliki dua pabrik di Lampung dan Ponorogo. Kapasitas produksi sorini saat ini mencapai 350 ribu metrik ton per tahun. Ia mengungkapkan 80 persen penjualan perseroan dalam dolar AS. Sehingga, depresiasi rupiah saat ini justru menguntungkan perseroan, karena bahan baku Sorini berasal dari dalam negeri. "Melalui kurs yang kompetitif kami bisa melakukan ekspansi dengan membeli mesin lebih murah," katanya.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024