Gara-gara KUR, 400 Ribu UKM Naik Kelas

Hatta Rajasa
Sumber :
  • Abror Rizky/Biro Pers Istana

VIVAnews - Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi usaha kecil dan menengah (UKM) telah menjadi berkah tersendiri.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, mengakui, dalam laporan per semester I-2010 dipaparkan bahwa sedikitnya ada 400 ribu pengusaha UKM yang naik pangkat atau kelas.
 
"Akibat KUR itu, sebanyak 400 ribu di antaranya sudah naik kelas dengan penggunaan dana sekitar Rp2 triliun," kata Hatta di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa 13 Juli 2010.
 
Naik pangkat atau kelas yang dimaksud, menurut Hatta, adalah UKM itu kini telah menggunakan porsi pinjaman yang lebih besar. "Mereka itu tumbuh dari usaha kecil, kini menjadi pengusaha-pengusaha kelas menengah yang baru. Jadi, dari bawah mereka naik kelas," ujarnya.
 
Hatta menuturkan, pengusaha yang naik kelas ini terus akan dipantau. Pemerintah hari ini telah memutuskan adanya suatu matriks antara sektoral binaan dengan kementerian terkait.

Kementerian yang membina itu misalnya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Pertanian.
 
Pemerintah sendiri menargetkan penyaluran KUR tahun ini maksimal bisa mencapai Rp18 triliun. (art)

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA
Ilustrasi mudik pakai mobil

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Mudik Lebaran merupakan tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia. Setiap tahun, jutaan orang memilih untuk pulang kampung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024