Perbanas: Kredit Usaha Rakyat Kurang Peminat

Ketua Perbanas Sigit Pramono (kanan)
Sumber :
  • Budi

VIVAnews - Ketua Perbanas Sigit Pramono menilai terhambatnya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) salah satu penyebabnya adalah kurangnya permintaan dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mendapatkan kredit KUR.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan bahwa penyaluran KUR terhambat.

Menurut Sigit, salah satu persoalannya adalah identifikasi orang-orang yang layak mendapatkan KUR menunjukkan permintaan yang sedikit. Ia menduga, adanya permintaan usaha yang turun sehingga UKM terkena imbasnya.

"Yang layak mendapatkan KUR ini terbukti setelah dijumlah tidak banyak." ujarnya di Jakarta, Rabu 14 Juli 2010.

Padahal, Sigit mengakui, persyaratan untuk memperoleh KUR tidak sulit, seperti kredit tanpa agunan.

Kemarin, dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, SBY mengatakan dirinya mendapatkan laporan dari Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) bahwa ada masalah dalam penyaluran KUR.

"Laporan dari saudara Kuntoro, Kepala UKP4, ada permasalahan penyaluran KUR, ini kalau meleset sangat merugikan kita," ujar SBY dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Selasa 13 Juli 2010.

Pemerintah telah menganggarkan KUR Rp100 triliun dengan jaminan pemerintah Rp20 triliun.

Menurutnya, Rp20 triliun ini dampaknya besar bagi usaha kecil dan menengah. "Kalau ada masalah administrasi, ketentuan, dan tak tersalurkan sekali lagi merugi, karena UKM jalur efektif mengurangi kemiskinan," ujar SBY.

Presiden meminta Menko Perekonomian Hatta Rajasa segera menyusun solusi dan mengajak semua pihak, termasuk perbankan penyalur KUR, perusahaan penjamin untuk memecahkan masalah.

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa

Solusi mengenai menambah bank penyalur KUR bisa menjadi salah satu cara. "Kita bikin sidang kabinet untuk dilaporkan masalahnya apa, solusinya seperti apa, saya berharap dalam lima tahun kita salurkan KUR dalam jumlah yang kita rancang," ujarnya.

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Rudal ini ditembakkan Iran saat menyerang Isral pekan lalu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024