Pemerintah Tak Antisipasi Naiknya Harga Cabai

panen cabe
Sumber :
  • Arif Firmansyah

VIVAnews - Pengamat ekonomi Hendri Saparini memahami faktor cuaca menjadi penyebab kenaikan harga kebutuhan pokok, terutama cabai. Namun, Hendri menilai pemerintah tidak melakukan antisipasi kekurangan kebutuhan pokok untuk jangka panjang.

"Kalau yang terjadi, bulan Juni-Juli, memang betul perubahan cuaca sangat besar," kata Hendri dalam diskusi Radio Trijaya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu 17 Juli 2010.

Meski demikian, pada Agustus, menurut dia, pasar akan mengalami tekanan harga akibat melonjaknya permintaan.

Kenaikan harga bahan makanan menjadi salah satu faktor pendorong inflasi. Karena itu, Hendri meminta pemerintah merespons kondisi itu dan mengantisipasinya, termasuk melakukan operasi pasar.

"Tidak hanya operasi pasar yang terbatas atau hanya shock therapy. Tapi di mana antisipasi? Di mana responnya?" ujar Hendri.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, Ngadiran, mengatakan kenaikan harga cabai sudah menjadi permasalahan sejak lama. Namun, hingga sekarang, pemerintah tidak pernah mengantisipasinya mulai dari petani cabai.

"Rakyat hanya butuh trigger (pemicu) sedikit," kata Ngadiran. "Tanam cabai kan kalau hujan jadi rontok. Tapi kalau disiasati dengan rumah kaca, atau dengan plastik penutup, ini kan tidak jadi rontok," tutur dia.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Juni 2010 mencapai 0,97 persen. Besaran inflasi Januari-Juni 2010 sebesar 2,42 persen, sedangkan inflasi year on year 5,05 persen. Inflasi pada Juni tersebut paling besar didorong oleh komoditas cabai merah dengan kenaikan 45,7 persen selama Juni 2010.

"Untuk porsi andil terbesar pada Juni ini adalah makanan, yang mencapai 0,73 persen. Utamanya cabai merah," kata Kepala BPS Rusman Heriawan, awal bulan ini.

Gara-gara jadi penyumbang inflasi terbesar, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa pun sempat meminta masyarakat untuk sementara tidak memakan cabai.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

"Saya saja hari ini tidak makan cabai. Coba saja kalau semua bersama-sama seminggu tidak makan cabai, nanti restoran lama-lama akan mengurangi pesanan cabainya," kata Hatta bercanda dengan wartawan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat 16 Juli 2010. (umi)

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024