Perlukah Tabungan Perumahan Bagi Karyawan?

Presiden SBY&Ketua Umum DPP REI Teguh Satria
Sumber :
  • www.presidensby.info

VIVAnews - Real Estate Indonesia (REI) mengusulkan untuk memberlakukan tabungan perumahan. Tabungan ini disisihkan setiap bulan dari gaji karyawan yang akan digunakan untuk membangun perumahan.

Menurut Ketua Umum REI Teguh Satria, pembangunan pemukiman adalah tanggung jawab masyarakat secara gotong royong, sehingga perlu tabungan bersama.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Selama ini, untuk Pegawai Negeri Sipil dan TNI Polri menyisihkan uang dari gaji untuk tabungan perumahan. Namun, tidak berlaku bagi Jamsostek. "Misalnya, setiap warga negara yang berpenghasilan batas kena pajak wajib menyisihkan tabungan perumahan misalnya satu persen," ujarnya dalam rapat dengan Dewan Perwakilan Daerah di Jakarta, Senin 19 Juli 2010.

Dia menghitung, misalnya satu orang menyisihkan Rp25 ribu maka bisa terkumpul Rp24 triliun. Saat ini, Dewan Perwakilan Daerah sedang menggodok materi RUU Perumahan dan Pemukiman dengan meminta pendapat dari REI dan perbankan.

Tabungan itu juga wajib diikuti pemberi kerja swasta untuk menyisihkan dana, khusus premi properti. Nantinya, tabungan itu tidak perlu dikenakan bunga agar bisa memberikan dana murah bagi perbankan sehingga mendorong suku bunga kredit perumahan yang lebih murah.

Teguh mencontohkan di Singapura, melalui Central Provident Fund dapat mengumpulkan Rp810 triliun yang dapat menyediakan dana murah bagi perumahan mencapai empat persen.

Sementara itu, kalangan bankir menyambut baik adanya dana tersebut. Dengan adanya dana jangka panjang akan dapat mengatasi persoalan missmatch yang ada pada pembiayaan perumahan lebih banyak dibiayai dana jangka pendek.

Direktur BNI Darmadi Sutanto menuturkan, rumah yang dibiayai perbankan harus layak huni termasuk infrastruktur. Hal itu dikarenakan dalam banyak kasus, rumah telah terbangun namun tidak ada fasilitas listrik.

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024