BISNIS

Cicil Rumah dengan Tabungan Perumahan

Konsep tabungan perumahan rencananya bakal menyasar masyarakat berpenghasilan tidak tetap

Senin, 26 Juli 2010 | 11:25 WIB
Oleh : Heri Susanto, Syahid Latif
Cicil Rumah dengan Tabungan Perumahan
Menteri Perumahan Rakyat, Suharso Monoarfa (Antara)

VIVAnews - Pemerintah sedang mengkaji konsep tabungan perumahan sebagai alternatif masyarakat dalam hal pembiayaan perumahan. Diharapkan kebijakan yang mengatur tabungan itu kelar pada tahun ini.

"Memang ada usulan Dewan lewat RUU Perumahan dan Permukiman (Perkim)," ujar Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa disela Rakor Menko Perekonomian, di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin, 26 Juli 2010.

Menurut Suharso, konsep tabungan perumahan tersebut rencananya bakal menyasar masyarakat berpenghasilan tidak tetap sehingga dapat mencicil pembiayaan perumahannya.

Pemerintah memandang, selama ini pembiayaan perumahan hanya dapat bisa menjangkau masyarakat berpenghasilan tetap. "Mungkin mereka yang tidak berpenghasilan tetap bisa masuk ke sana, bisa diambil dari sana (Tabungan)," ujar Suharso.

Untuk diketahui, ide tabungan perumahan pernah dilakukan oleh pemerintah Singapura. Konsep ini mewajibkan warga negara untuk memiliki tabungan perumahan sebesar satu persen dari pendapatan bersih. 

TERKAIT
KOMENTAR