KUR Tanpa Agunan Naik Jadi Rp20 Juta

Uang
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah sepakat menaikkan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan menjadi Rp 20 juta. Sebelumnya maksimal hanya Rp5 juta.

Kenaikan KUR tanpa jaminan ini ditujukan untuk sektor hulu seperti pertanian, kelautan, industri kecil dan sebagainya.

Dengan kenaikan ini, Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Kantor Presiden, Kamis, yakin batas bawah KUR sebesar Rp13,15 triliun bakal tercapai.

"Karena mulainya baru April jauh akan terlampui karena sekarang target bulan Juni 158 persen dari target. Oleh sebab itu kita membuat batas atasnya sampai Rp18 trilliun," kata Hatta.

Dengan kenaikan plafon KUR tanpa agunan ini, Hatta berharap bisa mendorong tumbuhnya usahawan baru di sektor-sektor itu. Sebab dengan kenaikan ini ada 400 usahawan dari 2,9 juta yang mengalami peningkatan status usahanya.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Untuk tahun 2010, terhitung sejak Maret hingga Juli, dana yang dikucurkan sudah mencapai Rp5,3 triliun, jauh lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu untuk periode yang sama sebesar Rp4 triliun.

Kenaikan KUR tanpa agunan ini sudah disetujui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan akan dikukuhkan lewat surat keputusan Menteri Keuangan. "Tidak perlu Keppres," kata dia.

Hingga tahun 2014 pemerintah menargetkan KUR yang tersalurkan bisa mencapai Rp100 triliun. (umi)

Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024