Hankook Bangun Pabrik Ban Kelas Dunia Rp10 T

Gita Wirjawan bersalaman Faisal Basri
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Perusahaan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire Co Ltd akan membangun pabrik ban di Indonesia dengan nilai investasi US$1,2 miliar atau setara Rp10,8 triliun (kurs Rp9.000 per dolar AS). Konstruksi pabrik akan dimulai paling cepat pada akhir 2010, dengan kapasitas produksi mencapai 15 juta ban per tahun.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, menuturkan, perwakilan Hankook telah memastikan kepada dirinya pagi ini untuk memastikan pembangunan pabrik ban di Indonesia. "Positif dan sudah ada kunjungan keempat kali dalam tiga bulan. Tadi pagi sudah konfirmasi bahwa mereka akan masuk ke Indonesia," kata Gita di Jakarta, Rabu 18 Agustus 2010.

Menurut Gita, Indonesia menyisihkan dua kandidat negara lainnya di Asean. Dipilihnya Indonesia karena skala dan perubahan iklim yang semakin membaik.

Kementerian Perindustrian dan BKPM, dia melanjutkan, akan memberikan fasilitas seperti insentif fiskal dan percepatan perizinan kepada Hankook. Gita berharap, dengan masuknya Hankook akan membawa pengaruh positif terhadap perusahaan lainnya.

Selain itu, Gita mengatakan hadirnya pabrik Hankook di Indonesia akan menjadi basis produksi ban dunia dengan kapasitas 15 juta ban per tahun. Hankook dikenal sebagai eksportir berskala besar dan Indonesia merupakan negara ketiga yang mempunyai basis produksi selain China dan Hungaria.

"Nantinya, pabrik Hankook Indonesia akan menjadi basis dunia untuk kepentingan Asia, Amerika, dan Eropa. Jadi, dengan hadirnya Hankook, maka dapat menarik supply chain terkait industri otomotif Korea untuk masuk ke Indonesia," ujarnya.

Gita berharap, Hankook mulai dapat melakukan konstruksi pabrik pada akhir tahun ini. Untuk pilihan tempat, pihak Hankook belum menentukan lokasi. Namun, Hankook telah melakukan survei ke berbagai lokasi antara lain Cibitung, Bekasi, dan Jababeka.

"Konstruksi paling cepat pada akhir tahun tergantung kerja BKPM. Kalau kerjanya lambat, bisa tahun depan. Namun, proses percepatan perizinan pasti kita berikan," kata Gita. (art)

Laporan: Iwan Kurniawan

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024