Miliarder Hong Kong Incar Kereta Super Cepat

Li Ka-shing
Sumber :
  • www.chinadaily.com.cn

VIVAnews - Setelah membeli UK Power Network dari EDF Prancis senilai US$9 miliar pada bulan lalu, miliarder dunia Li Ka-Shing kini punya incaran baru.

Melalui Cheung Kong Infrastructure, yang dikendalikannya, Li Ka-Shing disebut-sebut tertarik berinvestasi di proyek rel kereta api super cepat yang menghubungkan London ke terowongan Channel sepanjang 68 mil atau 107 kilometer.

Memang belum ada penjelasan resmi, apakah taipan terkaya asal Hong Kong itu terdaftar sebagai investor resmi yang turut mengajukan penawaran pada batas akhir Selasa lalu. Ia disebut-sebut bergabung dengan tiga konsorsium investor yang sudah mengajukan penawaran.

Namun, sumber yang dikutip Telegraph.co.uk, berharap taipan superkaya Hong Kong itu menjadi penawar keempat. SNFC dari Prancis juga disebut sebagai investor potensial.

Semula investor yang diandalkan adalah konsorsium besar yang melibatkan Goldman Sachs Infrastructure Partner dan M&G Infracapital.

Konsorsium ini telah mengumumkan kemarin, 17 Agustus 2010 bahwa mereka telah memperkuat tim dengan mendapat dua pendukung tambahan, yakni Universities superannuation Schemma dari Inggris dan Caisse de Depots et Consignations asal Prancis.

Dua pesaing lainnya adalah konsorsium yang terdiri atas Morgan Stanley Infrastructure, 3i Infrastructure dan Abu Dhabi Investment Authority. Pesaing berikutnya adalah gabungan investor asal Kanada, yang melibatkan Borealis dan Dana Pensiun Ontario Teachers. Kedua konsorsium ini juga dikenal memiliki reputasi baik di sektor infrastruktur.

Pemerintah tidak memiliki dana untuk membiayai pembangunan rel kereta yang membutuhkan biaya hingga 5,7 miliar pound atau hampir Rp100 triliun.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

sumber: Telegraph.co.uk

Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024