'Sosialisasikan Elpiji Sampai Dapur Rumah'

LPG
Sumber :
  • Syarif Abdullah | Surabaya Post

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Z Saleh, meminta penyuluh lapangan penggunaan elpiji agar memberikan sosialisasi langsung ke masyarakat. Bahkan, bila perlu ke bagian dapur masyarakat.

"Jadi, betul-betul hingga ke dapurnya," kata Darwin dalam sambutan pelatihan tenaga penyuluh lapangan pengguna elpiji di gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta, Kamis 26 Agustus 2010

Menurut Darwin, instruksi agar penyuluh lapangan elpiji lebih optimal dalam menyosialisasikan penggunaan gas yang aman juga disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam pesannya, SBY meminta agar penyuluhan LPG dilakukan secara door to door dari setiap rumah masyarakat. Bahkan, ia meminta agar penyuluh harus memastikan bahwa sosialisasi diberikan langsung kepada orang yang memasak di rumah.

"Presiden pesan tidak hanya pada kepala keluarga dan ibu rumah tangga, tetapi juga ke tukang masak di rumah itu," kata Darwin.

Darwin juga mengatakan bahwa pemerintah saat ini sudah membentuk tiga satuan gas (Satgas) penggunaan elpiji. Ketiga Satgas itu adalah Satgas Edukasi dan Sosialisasi yang bertugas melakukan pembentukan penyuluh lapangan.

Satgas kedua adalah Satgas Intensifikasi dan Pengawasan yang berada di bawah kewenangan Bareskrim Polri. Satgas ini akan mengawasi peredaran tabung yang disalurkan kepada masyarakat.

Terakhir adalah Satgas Pelayanan dan Informasi publik di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Satgas ini penting untuk meluruskan sekaligus memberikan informasi yang betul mengenai elpiji yang digunakan masyarakat.

"Dari 45 juta paket, pada dasarnya kasus yang terjadi relatif kecil. Tapi kita tidak ingin kasus ini dilebih-lebihkan. Kami akan menangkal pemberitaan yang tidak pada tempatnya," kata Darwin. (art)

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024