Pemerintah Ajukan Klaim Rp22 T ke Montara

Tumpahan minyak di Queensland, Australia
Sumber :
  • AP Photo/AuBC via APTN

VIVAnews - Pemerintah Indonesia telah mengajukan klaim sebesar Rp22 triliun kepada The Montara Wall Head akibat tumpahnya minyak di kilang Montara, Laut Timor, Nusa Tenggara Timur. Pemerintah meminta agar pihak Montara segera mengurus klaim yang diajukan Indonesia.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama. Besaran tersebut sudah mencakup ganti rugi masyarakat dan kawasan, serta pemulihan beberapa komponen lainnya," kata Ketua Tim Perundingan kasus Montara yang juga Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, di Jakarta, Jumat 27 Agustus 2010.

Menurut Freddy, klaim dari Indonesia saat ini sudah diterima Montara. Saat ini, pihak perusahaan sedang mempelajari data kerugian yang diajukan Indonesia.

Namun, Freddy tidak memberikan batas waktu bagi Montara untuk melakukan verifikasi data dari Indonesia. Montara memiliki mekanisme sendiri dalam memproses klaim.

Saat ini, yang terpenting menurut Freddy adalah waktu perencanaan penggantian ganti rugi dari pihak Montara.

"Saya masih menunggu tim dari Indonesia yang masih berada di Australia. Yang penting, kami sudah ajukan klaim dan yang kami minta dari mereka adalah time plan," ujar Freddy. (hs)

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Laporan: Iwan Kurniawan

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024