Siang Ini, DPR Bahas Ormas Pelaku Kekerasan

Wakil Ketua DPR Anis Matta, Priyo Budi Santoso & Pramono Anung
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat menggelar rapat gabungan lintas komisi membahas organisasi kemasyarakatan (ormas) yang melakukan tindak kekerasan dengan menggunakan simbol-simbol agama hari ini, Senin 30 Agustus. Sejumlah instansi terkait termasuk Badan Intelijen Negara dilibatkan dalam rapat ini.

Keputusan mengenai rapat gabungan tersebut diambil dalam rapat antara pimpinan DPR dengan Ketua Komisi II bidang pemerintahan dalam negeri dan ormas, Ketua Komisi III bidang hukum, dan Ketua Komisi VIII bidang agama, yang berlangsung sore ini, Selasa lalu.

Wakil Ketua DPR Pramono Anung menjelaskan, dalam rapat gabungan pekan depan, DPR akan mengundang Menteri Koordinator Politik dan Keamanan beserta seluruh jajarannya seperti Menteri Hukum dan HAM, Menteri Dalam Negeri, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN, dan Menteri Agama.

"Semua pihak terkait kami undang, agar masalah tindak kekerasan ormas ini tidak terulang kembali," ujar mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Pram menuturkan, rapat gabungan akan menghasilkan rekomendasi untuk diberikan kepada pihak-pihak terkait. "DPR akan mempertimbangkan perlu tidaknya membentuk panitia kerja (panja) untuk mengawasi pelaksanaan rekomendasi tersebut," ujar Pramono.

Dua bulan terakhir, sebuah ormas menjadi pusat pemberitaan karena aksinya menyerang masjid pengikut Ahmadiyah dan membubarkan upacara keagamaan jemaat sebuah gereja.

Berikut agenda DPR hari ini:

Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi

11.00
• Rapat Kerja Badan Anggaran DPR dengan Pemerintah

13.00
• Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi VI DPR-RI dengan Sudianto Suryodarmodjo (Direktur Utama PT. Clearing Berjangka Indonesia (Persero) dan Alvon Samosir (Karo Hukum BAPPEBTI)
• Rapat Intern Komisi I DPR RI
• Rapat gabungan komisi II, III dan Komisi VIII membahas ormas

14.00
• Rapat Kerja Komisi XI dengan Menteri BUMN beserta PT.PN I, II, III, IV, V, VIII, X, dan XIV serta PT. Merpati Nusantara

19.00
• Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi XI, dengan Anggito Abimanyu, Iman Sugema, Hendri Saparini, Andrinof Chaniago
• Rapat Kerja  Komisi I DPR RI dengan Menkopolhukam beserta jajaran (tentatif).

Apple.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Penjualan iPhone telah hancur turun 10%, Apple Inc. (NASDAQ: AAPL) kehilangan posisi nomor satu dalam pengiriman ponsel pintar global pada kuartal pertama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024