LG, Hyundai, Hancook Siap Bangun Pabrik di RI

Pabrik kulkas LG di Tangerang
Sumber :
  • LGEIN

VIVAnews - Tiga perusahaan besar asal Korea dan satu perusahaan Amerika tertarik dan akan membangun perusahaanya di Indonesia. Perusahaan itu adalah Caterpillar, LG, Hyundai dan Hancook. Mereka ini akan memproduksi produk-produk yang berorientasi ekspor.
 
Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan investasi Hancook diperkirakan mencapai US$1,2 miliar. "Produksinya ban dan 90 persen berorientasi ekspor," kata Hidayat di Kantor Menko Perekonomian, Kamis 16 September 2010.
 
Menurut Hidayat, total investasi Hancook yang sudah masuk saat ini sudah mencapai US$500 juta. Dalam waktu dekat tambahan investasi berupa pabrik baru tercatat segera masuk.
 
Hyundai juga disebut akan menginvestasikan US$600 juta. "Kalau yang ini saya lagi bujuk supaya dia masuk," kata Hidayat. Sinyal yang didapat sepertinya akan positif karena Hyundai telah memiliki partner lokal.
 
Lainnya, salah satu perusahaan elektronik terkemuka LG, juga disebut-sebut segera masuk. "Secara prinsip mereka tertarik, akhir bulan ini dirjen saya akan ke Korea," kata Hidayat. Sayang berapa investasi LG, Hidayat belum mengetahuinya.
 
Demikian pula dengan Caterpillar, mulai melobi pemerintah untuk ijin masuk. Caterpillar beberapa waktu lalu, kata Hidayat, telah mendatangi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
 
"Mereka akan investasi untuk empowering locomotive engine. Ini bekerjasama dengan PT KA untuk memperbaharui mesin lokomotif," kata dia.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024