Lebaran, Masyarakat "Hamburkan" Rp52 Triliun

rupiah
Sumber :
  • Andika Wahyu

VIVAnews - Ramadan dan Lebaran kali ini, masyarakat Tanah Air benar-benar 'menghamburkan' uang. Buktinya Bank Indonesia mencatat dana outflow atau keluar dari brankas bank sentral selama periode itu mencapai Rp52 triliun.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari perkiraan BI yang hanya menaksir dana outflow selama Ramadan dan Lebaran sebesar Rp49,56 triliun.

"Outflow meningkat lebih tinggi dari perkiraan BI," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Rochadi usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) KUR di Kantor Menteri Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Kamis, 16 September 2010.

Menurut Budi, lonjakan permintaan uang tunai terlihat dari transaksi elekteronik utamanya dari mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), khususnya saat hari Lebaran dan sesudahnya.

Sebagai catatan, BI sebelumnya hanya memproyeksikan outflow selama Ramadan dan Lebaran 1431 H sebesar Rp 49,56 triliun. Dana itu terdiri dari uang pecahan besar sebesar Rp 44, 05 triliun dan uang pecahan kecil sebesar Rp 5,51 triliun.



Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah
Seorang pria Palestina membawa mayat seorang anak yang tewas akibat serangan Israel. (ilustrasi)

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Kesaksian yang terdokumentasi telah dikumpulkan mengenai eksekusi anak-anak Palestina di Gaza oleh pasukan pendudukan Israel di dalam dan di sekitar Rumah Sakit Al-Shifa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024