BISNIS

Qatar, Negara Paling Kaya di Dunia

Qatar mendapatkan berkah dari lonjakan pendapatan dari produksi dan ekspor gas alam cair.

ddd
Senin, 20 September 2010, 11:17
 
  (Qtel)

VIVAnews - Qatar telah muncul sebagai negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita US$90.149 pada 2010.

Publikasi terbaru media bisnis terkemuka AS, Global Finance menyebutkan pendapatan per kapita Qatar meningkat dibandingkan pada tahun lalu sebesar US$83.841.

Berada di posisi kedua adalah Luxemburg, yang sudah dikenal sebagai negara terkaya sejak lama. Pendapatan per kapita negara dengan populasi yang sangat sedikit ini mencapai US$79.411. Posisi ketiga ditempati oleh Norwegia dengan pendapatan per kapita sebesar US$52.964.

Sedangkan, Singapura berada di posisi keempat dengan pendapatan per kapita US$52.840. Brunei berada di posisi kelima dengan tingkat pendapatan US$48.714.

Sebagai negara paling makmur di dunia, menurut publikasi yang dirilis 19 September 2010 itu, Qatar mendapatkan berkah dari lonjakan pendapatan negara ini didorong oleh peningkatan produksi dan ekspor gas alam cair (LNG). Bahkan, Qatar telah menjadi negara eksportir gas terbesar di dunia dengan produksi mencapai rekor 77 juta ton per tahun.

Yang menarik, Qatar merupakan satu-satunya wakil dari wilayah Arab yang berada di jajaran 10 negara terkaya dunia. Di jajaran negara Arab, Qatar menempati ranking pertama. Posisi kedua di negara Arab, ditempati Kuwait dengan pendapatan per kapita US$38.984 atau cuma separoh dibandingkan dengan pendapatan per kapita Qatar.

Qatar bukan hanya dikenal sebagai negara terkaya dan produsen gas terbesar. Tetapi, negara ini merupakan negara paling kompetitif di kawasan Timur Tengah. Menurut data World Economic Forum 2010-2011, Qatar berada di posisi 17 sebagai negara paling kompetitif di dunia dan nomor satu di kawasan Timur Tengah.

Qatar merupakan negara dengan lingkungan makroekonomi stabil, pasar efisien, birokrasi dan kelembagaan yang berkualitas, pemerintah efisien dan rendah tingkat korupsi, serta tingkat keamanan yang sangat bagus. "Qatar merupakan negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, pada 2010 diperkirakan tumbuh 18,5 persen," tulis laporan World Economic Forum pada September ini.




© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
wilson
27/11/2010
Mungkin didunia ini hanya Indoneia pya SDA yang melimpah ( hrsya makmur ) tp byk kita lhat orang rela antri berjam2 ( karna miskin ) hanya tuk mdpatkan sembako gratis bahkan ada spe tewas..sungguh sangat ironi skali..
Balas   • Laporkan
fajrin moslim
15/10/2010
Oke lah Qatar merupakan negara paling kaya di dunia tapi tu berdasarkan gas alam aj,,coba tengok Indonesia yang kaya akan SDA melebihi Qatar tapi disayangkan Indonesia tidak bisa mengelolanya n banyak korupsi....
Balas   • Laporkan
hendro suseno
23/09/2010
indonesia adalah negara terkaya didunia tapi luput dari mata dunia.....
Balas   • Laporkan
abdullah
22/09/2010
Periksa kembali tuh kontrak2 SDA, mengguntungkan siapa? utk negara kita, negara org atau segerintir org/ pejabat yg tdk bertanggung jwb? contoh : freeport, ga ada hasil buat rakyat kita. Dan ga ada SDA yg dikeruk kemudian hasilnya utk Rakyat. Wassalam.
Balas   • Laporkan
oniK jegeKz,,,
22/09/2010
salUt bwt Qatar,,,,hebaTttttt tp BALI kU lebih hebattt,,, dy cUman kaya harta tp BALI sngt kaya BUDAYA dn ADAT.... I LOVE BALI,,,mUachhh
Balas   • Laporkan
buds
22/09/2010
DPR malah studi bandingnya ke Afrika ngurusi Pramuka... dan Ke Inggris ngurusi Imigrasi... sepele amat duit rakyat dibelanjakan.... mestinya ke Qatar, utk cari tau kenapa PPK di sana tertinggi di dunia.....
Balas   • Laporkan
tomoes
21/09/2010
putuskan kontrak dengan freeport...kelola sendiri emasnya untuk kemakmuran rakyat.ada kemauan ada jalan... cuma masalahnya siapa presidan yg berani memutuskan kontrak freeport.. pemimpin jangan jadi makelar saja... semuanya jancok
Balas   • Laporkan
tuahmangasih
21/09/2010
Salut DECH .... Ama Qatar ........
Balas   • Laporkan
febry
21/09/2010
indonesia lebih kaya dari pada qatar, merdeka indonesia. indonesia terus lanjut kan perjuangan mu, aku cinta indonesia.
Balas   • Laporkan
rio kaffah
21/09/2010
tuh liat komentar2nya,... gk malu apa kita, belajarlah dari mereka yang maju, mudah2an klaw pemimpin "adil" rakyat pasti "sejahtera"
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com