BISNIS

Daftar Negara Paling Makmur di Dunia (II)

Siapa negara paling makmur di dunia, apakah Amerika Serikat atau Hong Kong?

ddd
Selasa, 21 September 2010, 08:21
Hong Kong
Hong Kong (BBC)

VIVAnews - Majalah bisnis terkemuka AS, Global Finance kembali merilis data terbaru daftar negara kaya dan miskin di seluruh dunia.

Majalah ini menampilkan 182 negara di seluruh dunia dari yang paling kaya hingga paling miskin. Negara terkaya ditempati oleh Qatar dengan PDB per kapita US$90.149 atau Rp811 juta per tahun pada 2010. Sedangkan negara paling miskin dipegang oleh Republik Congo dengan PDB per kapita hanya US$342 atau Rp3 juta setahun.

Metode yang digunakan untuk menentukan kekayaan negara adalah membandingkan standar hidup penduduk satu negara secara keseluruh dengan menggunakan produk domestik bruto per kapita yang didasarkan pada paritas daya beli secara internasional.

Dari deretan negara terkaya dunia, berikut ini profil ringkas 10 negara paling makmur.

Ranking 1 - 5 di sini

6. Amerika Serikat
Gedung Putih di Washington DC Amerika Serikat Menempati urutan keenam sebagai negara paling kaya dunia, Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Dengan total PDB US$14 triliun, belum ada satu negara pun yang menandingi keperkasaan ekonomi AS. Ratusan perusahaan dari AS juga masuk dalam jajaran top perusahaan multinasional dunia, sebut saja di antaranya Google, Yahoo, Facebook, Microsoft, Exxon, Cevron, Wal Mart, Citigroup, JP Morgan Chase dan seterusnya.  

Dengan ratusan perusahaan kelas dunia, meski memiliki populasi 308 juta jiwa, penduduk Amerika rata-rata masuk deretan warga paling makmur dunia. Total PDB per kapita AS adalah US$47,7 ribu atau Rp429 juta per tahun.

7. Hong Kong

Hong Kong Hong Kong merupakan salah satu wakil dari Asia, selain Singapura dan Brunei yang menempati deretan 10 teratas negara terkaya dunia. Dengan PDB per kapita US$44,8 ribu atau Rp403 juta per tahun, Hong Kong menempati urutan ketujuh di dunia.

Dengan luas wilayah 1.104 kilometer persegi, Hong Kong memiliki populasi sebanyak 7,1 juta jiwa. Dengan total PDB sebesar US$215 miliar, perekonomian Hong Kong (92 persen) sangat mengandalkan pada industri jasa dan layanan, khususnya finansial. Total cadangan devisa US$255 miliar pada desember 2009. Sejumlah perusahaan kakap asal Hong Kong adalah Hutchison Whampoa, Jardine Matheson, China Mobile dan Cnooc.

8. Swiss
Paus Didorong : Penjaga Keamanan Swiss di Vatican Dengan PDB per kapita US$43,9 ribu atau Rp395 juta per tahun, Swiss menempati posisi kedelapan sebagai negara terkaya dunia. Menempati wilayah seluas 41 ribu kilometer persegi, salah satu negara di Eropa ini memiliki jumlah penduduk 7,3 juta jiwa.

Perekonomian Swiss juga bergantung pada sektor jasa finansial dan industri dengan total PDB sebesar US$488 miliar pada 2008. Swiss juga dikenal sebagai negara tempat orang-orang kaya dunia menyimpan hartanya. Sejumlah perusahaan ternama asal Swiss adalah Nestle, Credit Suisse Group, Zurich Financial Services, dan Roche Holding.

9. Belanda
Bendungan air (dam) di pesisir barat Belanda Belanda menempati posisi kesembilan sebagai negara terkaya dunia dengan PDB per kapita sebesar US$40,6 ribu atau Rp365 juta per tahun. Menempati luas 41 ribu kilometer persegi, wilayah Belanda dihuni oleh 16,8 juta jiwa penduduk pada 2009.

Perekonomian Belanda juga bergantung pada sektor jasa dan industri dengan total PDB sebesar US$860 miliar pada 2008. Sejumlah perusahaan top asal Belanda yang mendunia adalah Royal Dutch Shell, Unilever, ING Group dan Royal Philips Electronics.

10. Australia
Australia Australia menempati posisi kesepuluh sebagai negara terkaya dunia dengan PDB per kapita US$39,4 ribu atau Rp354 juta per tahun. Total luas wilayah Australia mencapai 7,6 juta kilometer persegi dengan jumlah penduduk 21,5 juta jiwa.

Dengan total PDB sebesar US$1.015 triliun, perekonomian Australia bergantung pada sektor jasa dan industri. Sejumlah perusahaan besar asal Australia adalah ANZ Bank, Rio Tinto, Telstra.

Sumber: Global Finance I IMF

 

Baca juga

Gerombolan Teroris Serang Markas Polsek di Medan

Yuk, Main Game Michael Jackson!

Daftar Negara Paling Makmur di Dunia

Si Seksi Ini Bikin Playboy Bertekuk Lutut

Kontestan 'X Factor' Ini Pelacur & Residivis

Justin Bieber Kepergok Ciuman dengan Model

Daftar Negara Paling Miskin di Dunia

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
banyudydy
07/07/2011
.. negara kaya seharusnya bukan hanya di nilai dari PDB nya saja, melainkan luas wilayah, cadangan sumber daya alam ,jumlah penduduk, ke aneragaman bu daya, indonesia pasti bisa menjadi negara ter kaya yg penting kita sebagai genarasi muda berusaha.
Balas   • Laporkan
Jusuf
28/09/2010
Menurut saya Indonesia berpotensi menjadi negara kaya dan masuk 10 besar apabila nantinya sudah menjadi negara federasi.
Balas   • Laporkan
Waryono
22/09/2010
Saat ini, Kekayaan bumi Indonesia jauh lebih banyak dari negara-negara tersebut. Tapi Salah pengelolaannya, salah URUS. Para pejabat akan sadar kalo semua sudah habis. Jangan heran kalo 15 tahun yang akan datang sebagai negara termiskin.
Balas   • Laporkan
ps_bravo
22/09/2010
gw rasa tuh suvey salah semua,Indonesia terkaya didunia peringkat 3,coba bayangkan motor aja udah puluhan juta,mobil juga udah jutaan yang punya,handphone bahkan milyaran yang punya,u mau aja dibohongi survey,buktinya koruptor masih banyak dimana-mana :p.
Balas   • Laporkan
dominikus tandiayu
22/09/2010
benar jgn menghayal dulu....jdi negara terkaya. Itu bisa jadi jika terjadi Tsunami yg menghabiskan satu generasi baru dimulai dengan peradaban baru...jadi pejabat yg kenyang dengan hasil korupsi dijebloskan dulu ke neraka..
Balas   • Laporkan
neng
22/09/2010
Hmmm...banyak yang harus di perbaharui di Indonesia untuk menjadi negara makmur apalagi terkaya....gimana caranya yg pasti sangat rumit rumit rumit...dari pada bingung dan sakit hati... kita bantu aja doa kepada Tuhan. Amien
Balas   • Laporkan
mudhofir arishandi
22/09/2010
Indonesia adalah negri termakmur di dunia.......menurut pandangan kami......
Balas   • Laporkan
zin
22/09/2010
malesnya ngomentari negeri sendiri>> suruh koment aja DPR sama MPR itu..
Balas   • Laporkan
jogijogi
22/09/2010
coba kalo ada survey utk koruptor paling makmur didunia...pastin indonesia dapet no.1........
Balas   • Laporkan
hugosentani
22/09/2010
indonesia NEGARA GADAI...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id