Survei Visa

Wisatawan Malaysia Paling Banyak Kunjungi RI

pantai wisata Pasir Putih Malikan (Papuma) Wuluan, Jember, Jatim
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVAnews - Warga Malaysia diperkirakan menjadi wisatawan terbanyak yang akan berkunjung ke Indonesia dalam dua tahun mendatang. Selain Malaysia, wisatawan Singapura dan Australia juga bakal mendominasi kunjungan ke Tanah Air.

Survei minat kunjungan versi Visa-Pacific Asia Travel Association (PATA) menyebutkan, di antara responden yang tertarik mengunjungi Indonesia dalam dua tahun ke depan, 29 persen adalah wisatawan asal Malaysia, 18 persen Australia dan 15 persen dari Singapura.

Menurut survei itu, daya tarik utama wisatawan ini adalah tempat wisata baru, pemandangan alam, dan harga yang terjangkau. "Mereka cenderung melakukan perjalanan dengan pasangan dan lebih memilih untuk tinggal di hotel bintang empat dibandingkan jenis akomodasi lainnya," tulis survei itu dalam publikasinya di Jakarta, Jumat 1 Oktober 2010.

Rata-rata wisatawan ini berencana untuk menghabiskan lebih dari US$1.500 untuk biaya liburan. Bahkan, mayoritas wisatawan bersedia membayar lebih untuk makanan lezat, daerah kunjungan eksotis, dan kesempatan guna menikmati budaya baru.

Sementara itu, 59 persen responden yang pernah mengunjungi Indonesia dalam dua tahun terakhir mengatakan daya tarik utama untuk kembali ke Indonesia antara lain adalah makanan, belanja, dan keterjangkauan biaya.

Ellyana Fuad, Country Manager Visa Indonesia mengatakan, banyaknya wisatawan asing yang mempertimbangkan Indonesia sebagai negara tujuan wisata pada dua tahun mendatang memberikan titik terang bagi industri pariwisata di dalam negeri.

"Indonesia memiliki keunikan dari campuran dan warisan kebudayaan, makanannya yang lezat dan biaya terjangkau serta memiliki beberapa pantai terbaik di dunia," kata Ellyana. (umi)

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso
Gua Milana

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Sejumlah pemain bintang Jakarta Pertama Enduro tampil dalam laga persahabatan melawan Red Sparks

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024