Sebulan, Cadangan Devisa Melonjak US$5 Miliar

Nasabah menukar uang dolar di Bank Korea, Seoul
Sumber :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

VIVAnews - Bank Indonesia mencatat cadangan devisa hingga akhir September sebesar US$86,5 miliar. Cadangan devisa ini mencukupi pembayaran impor dan utang pemerintah selama 6,5 bulan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, kinerja ekspor yang membaik mendorong transaksi berjalan pada triwulan III-2010 masih mencatat surplus, meskipun menurun dibandingkan triwulan sebelumnya. Sementara transaksi modal dan finansial masih mencatat surplus cukup besar sejalan dengan tingginya aliran modal masuk yang mendorong penguatan nilai tukar rupiah.

Secara keseluruhan, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan III-2010 masih mencatat surplus cukup besar, "Sehingga cadangan devisa meningkat menjadi US$86,5 miliar," kata dia dalam jumpa pers di kantor Bank Indonesia, Selasa 5 Oktober 2010.

Angka ini menunjukkan cadangan devisa melonjak lebih dari US$5 miliar dalam satu bulan. Akhir Agustus 2010, cadangan devisa BI sebesar US$81,3 miliar.

Di sisi domestik, pertumbuhan ekonomi sampai dengan triwulan III-2010 tumbuh cukup tinggi, terutama didorong oleh konsumsi rumah tangga dan ekspor. Kuatnya konsumsi rumah tangga didorong oleh tersedianya sumber pembiayaan konsumsi, masih meningkatnya optimisme konsumen, dan rendahnya harga impor.

Sementara itu, peningkatan ekspor didorong oleh kuatnya permintaan dari China dan India serta meningkatnya harga komoditas internasional. Sejalan dengan kuatnya konsumsi dan ekspor, investasi mulai meningkat sebagaimana tercermin pada peningkatan impor mesin, bahan baku, dan meningkatnya kredit modal kerja.

Secara sektoral, pertumbuhan yang tinggi masih terjadi pada sektor perdagangan, hotel dan restoran, serta sektor pengangkutan dan komunikasi. "Ini sejalan dengan permintaan domestik," ujarnya. (hs)

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024