Kerugian Bencana Wasior Rp278 Miliar

Warga Kembali Ke Wasior
Sumber :
  • Antara/Yudi Mahatma

VIVAnews - Meski berskala kabupaten, kerugian akibat bencana banjir bandang di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat, mencapai Rp278 miliar. Pemerintah kehilangan aset Rp41 miliar, sisanya swasta.

"Ini sekali lagi perkiraan sementara sampai tanggal 20 Oktober berdasarkan data Bappenas," kata Juru Bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin 25 Oktober 2010.

Untuk rekonstruksi dan rehabilitasi, rapat terbatas di kantor Wakil Presiden memutuskan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional akan menyiapkan grand design. "Minggu depan, Bappenas dengan bahan dari BNPB dan dari Pemda, sinkronkan master plan dengan pembangunan Papua dan Papua Barat," kata Yopie.

Ada beberapa kriteria penting dalam menyusun desain ini. "Yang pertama aman banjir. Ini sulit karena kontur di belakang kota lereng yang curam. Kedua, harus ada aksesibilitas. Ketiga, ada sumber air untuk hunian dan juga prasarana sosial dan sarana umum harus dipikirkan. Kemudian juga tanah," ujar Yopie.

Untuk pemukiman, kontur Wasior memang menyulitkan karena berada di kemiringan 60 derajat. Sulit menemukan tanah datar. "Idealnya nanti Wasior hanya menjadi kawasan terbatas mengingat morfologinya sangat curam," kata Yopie.

Sembari menyiapkan rekonstruksi, pemerintah akan membangun 1.000 hunian sementara berbentuk rumah panggung di satu lokasi yang aman. Hunian berbahan dasar kayu ini dibangun aparat TNI yang diturunkan di lokasi.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya
Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024