BISNIS

2011, ke Luar Negeri Tak Bayar Fiskal Lagi

Mereka yang dibebaskan adalah wajib pajak orang pribadi, termasuk yang tak punya NPWP.

ddd
Selasa, 26 Oktober 2010, 10:31
Bandara Soekarno-Hatta
Bandara Soekarno-Hatta  

VIVAnews - Kabar baik bagi warga Indonesia yang gemar melancong ke luar negeri. Direktorat Jenderal Pajak mulai 1 Januari 2011 membebaskan biaya fiskal perjalanan ke luar negeri untuk seluruh wajib pajak orang pribadi.

Ketentuan ini berlaku baik untuk orang yang memiliki Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP) dan juga tidak.

Seperti keterangan yang diterima VIVAnews, Selasa 26 Oktober 2010, ketentuan pembebasan biaya fiskal ini berlaku sesuai tercantum dalam pasal 25 ayat 8a Undang-Undang nomor 36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Mereka yang dibebaskan adalah setiap wajib pajak orang pribadi yang tidak memiliki NPWP dan telah berusia 21 tahun.

Sebelumnya, pada periode 1 Januari 2009 sampai dengan 31 Desember 2010 pembebasan fiskal ke mancanegara telah diberikan pada mereka yang memiliki NPWP.

"Dengan pemberlakuan bebas fiskal ke luar negeri ini, terhitung 1 Januari 2011 semua masyarakat yang hendak bepergian tidak perlu lagi membayar fiskal luar negeri," menurut keterangan itu.

Selama ini, tarif fiskal luar negeri ditetapkan adalah Rp2,5 juta untuk setiap orang dalam sekali bertolak ke luar negeri. Biaya fiskal ini dipungut atas wajib pajak yang menggunakan jasa penerbangan pesawat udara.

Sementara itu, bagi mereka yang menggunakan jasa angkutan laut, dikenakan fiskal luar negeri sebesar Rp1 juta. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
den-chez
28/12/2010
KASIHAN PEGAWAI IMIGRASI DI BANDARA, BAKAL BERKURANG PENDAPATANNYA..... MASIH BINGUNG BAGAIMANA MAU NGAKALI DG CARA LAIN...
Balas   • Laporkan
vega
28/10/2010
yah kl g ada fiskal ngaruh lah kita jln2 keluar negeri kan urusan sendiri apa hubnya sm pemerintah aneh deh holidaayyy here we come
Balas   • Laporkan
Suci
28/10/2010
Mempermudah para penerima beasiswa buat kuliah di luar negri..smg sy bs memanfaatkan kebijakan pemerintah ini dgn segera..Amin!
Balas   • Laporkan
Dendi
27/10/2010
Cihuiii keluar negeri lebih mudah ^^ yang di atas. ayo kita mencoba untuk berpikir positif !!! biarpun mungkin jalan pikiran kita tidak sejalan dengan negara, bukan berarti kita harus terus mengkritik dong...
Balas   • Laporkan
Tommy Jeblezz
27/10/2010
Mau bebas fiskal mau enggak tetep aja gak bisa ke luar negeri...duitnya udah habis ...untuk jalan2 keluar negeri anggota DPR,Kan DPR wakil Rakyat jadi rakyat sudah terwakili studi banding ke luar negeri...
Balas   • Laporkan
agusAzurite
26/10/2010
biasa aja, egak ngaruh. tuh
Balas   • Laporkan
rcoolz
26/10/2010
positive thinking deh, yg ptg skrg keluar negri lebi murah.. :D
Balas   • Laporkan
tabakungkung
26/10/2010
Yang ke luar negeri itu pasti ada duitnya, tidak perlu bebas fiskal. pasti duit buat fiskal bakal dipakai belanja barang luar negeri. Mending bebaskan biaya pasang listrik aja, khususnya pelanggan rumah tangga
Balas   • Laporkan
dindin
26/10/2010
nuhun pemerintah, awas lamun d ganti ku biaya anu lain.
Balas   • Laporkan
maverick77
26/10/2010
asyik :D .. tp g diganti sama biaya lain khan ?jgn2 cuman ganti nama .. :D
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com