Siapa Unggul, Bank Milik Temasek atau CIMB?

Bank Danamon
Sumber :
  • www.property.id.finroll.com

VIVAnews - Beberapa bank telah mempublikasikan kinerja perusahaan selama sembilan bulan pertama 2010. Kinerja sejumlah bank itu rata-rata meningkat dua digit.

Ekspansi kredit juga tumbuh, demikian pula untuk penghimpunan dana pihak ketiga (DPK). Pertumbuhan itu akhirnya ikut mendorong peningkatan aset bank-bank.

Per 30 September 2010, sejumlah bank yang sahamnya dimiliki asing, seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk juga membukukan peningkatan kinerja cukup signifikan.

CIMB Niaga yang dikendalikan CIMB Group Holdings Berhad, Malaysia selama sembilan bulan pertama 2010 membukukan laba bersih Rp1,79 triliun.

"Perolehan ini meningkat 56 persen dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp1,15 triliun," kata Vice Chief Executive Officer (CEO) and Corporate Banking Director, CIMB Niaga, Chaterine Hadiman di Jakarta, Jumat 29 Oktober 2010.

Ia menjelaskan, pertumbuhan laba tersebut didorong oleh peningkatan
pendapatan operasional dan penurunan biaya cadangan. Adapun peningkatan pendapatan operasional disebabkan oleh kenaikan pendapatan bunga bersih serta pendapatan selain bunga bersih masing-masing sebesar Rp640 miliar dan Rp53 miliar.

Sementara itu, efisiensi biaya operasional disebabkan oleh penurunan rasio cost to income menjadi 49,03 persen per September 2010 dibandingkan 50,63 persen pada periode sama tahun lalu.

Perseroan membukukan aset Rp129,14 triliun atau meningkat 28 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya Rp101,9 triliun.

Total kredit tumbuh 29 persen dari Rp74,52 triliun per September 2009 menjadi Rp96,29 triliun pada periode sama 2010. "Pertumbuhan kredit terjadi di semua segmen usaha, kredit korporasi, bisnis, dan ritel yang meningkat masing-masing 24 persen, 29 persen, dan 32 persen dibandingkan periode sama tahun lalu," tuturnya.

Sementara itu, loan to deposit ratio (LDR) CIMB Niaga tercatat 89,31 persen dengan non performing loan (NPL) sebesar 2,68 persen. "NPL kami berada di bawah rata-rata industri yang mencapai 3,01 persen," ujar Chaterine.

Jumlah dana pihak ketiga yang dihimpun juga meningkat sebesar 31 persen menjadi Rp106,6 triliun dari Rp81,3 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

Lantas, bagaimana dengan Bank Danamon?

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Bank yang mayoritas sahamnya dimiliki Temasek Holding Pte Ltd melalui Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd itu selama sembilan bulan pertama 2010 membukukan kenaikan laba bersih sebesar 61 persen dibanding periode sama tahun lalu. Peningkatan laba dikontribusi pertumbuhan kredit dari berbagai segmen nasabah.

Laba bersih setelah pajak konsolidasi tercatat Rp2,2 triliun, atau meningkat dari Rp1,36 triliun pada periode sama tahun lalu.

Direktur Utama Bank Danamon, Henry Ho mengatakan, kondisi yang stabil dalam beberapa kuartal terakhir memungkinkan Danamon mencapai tingkat pertumbuhan kredit di semua lini bisnis.

Pada akhir September 2010, kredit Danamon tumbuh 25 persen atau mencapai Rp77,37 triliun dari Rp62,14 triliun pada periode sama 2009.
Kredit Danamon itu juga naik sembilan persen dibanding akhir Juni 2010 sebesar Rp71,07 triliun.

"Kekuatan kami pada layanan perbankan mikro dan juga peningkatan di segmen komersial dan usaha kecil menengah (UKM)," kata Henry di Jakarta, pekan ini.

Kedua segmen tersebut berperan besar dalam pertumbuhan kredit Danamon. Sementara itu, kredit mass market yang meliputi pembiayaan mikro melalui Danamon Simpan Pinjam dan pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance mencakup 57 persen dari portofolio perusahaan.

Vera Eve Lim, direktur dan chief financial officer (CFO) Bank Danamon mengatakan kredit mass market pada sembilan bulan pertama 2010 mencatatkan pertumbuhan 36 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Untuk dana simpan pinjam membukukan pertumbuhan kredit 24 persen menjadi Rp14,64 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Selanjutnya, kredit ritel dan wholesale masing-masing tercatat enam persen dan 13 persen dari total kredit hingga 30 September 2010. Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross Danamon turun menjadi 3,1 persen dari empat persen pada periode sama tahun sebelumnya. (hs)

Divisi Humas Polri menggelar buka puasa bersama wartawan

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Divisi Humas Polri bersama wartawan menggelar acara buka puasa bersama di kantor Divisi Humas Polri pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024