Cadangan Devisa Tembus US$100 Miliar Desember

Nasabah menukar uang dolar di Bank Korea, Seoul
Sumber :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

VIVAnews - Cadangan devisa diperkirakan bisa menyentuh US$100 miliar pada akhir tahun. Saat ini cadangan devisa sebesar US$91,79 miliar.

Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan level US$100 miliar bisa dicapai di akhir tahun.
"Saya kira itu (US$ 100 miliar) bisa tercapai," ujarnya di BI Jakarta Jumat 5 November 2010.

Menurut Perry, tambahan cadangan devisa berasal dari penerimaan devisa, ekspor migas dan non migas. Capital inflow yang terus masuk juga dapat meningkatkan cadangan devisa.

"Bukan hanya dari Sertifikat Bank Indonesia namun juga Foreign Direct Investment (FDI)," ujarnya.

Menurutnya, cadangan devisa sebesar US$100 miliar itu setara dengan 7 impor plus pembayaran utang jangka pendek pemerintah.

Seperti diketahui cadangan devisa pada akhir Oktober 2010 mencapai US$91,799 miliar atau setara dengan 6,93 bulan impor. Cadangan devisa ini naik sebesar US$5,23 miliar dalam satu bulan dari posisi US$86,55 miliar pada 30 September 2010.

Kenaikan signifikan ini mengulang pada posisi September lalu di mana cadangan devisa melonjak lebih dari US$5 miliar dalam satu bulan menjadi US$86,55 miliar. Akhir Agustus 2010, cadangan devisa BI sebesar US$81,3 miliar.

Kenaikan cadangan devisa sepanjang Oktober tersebut dipicu oleh ekspor yang tetap kuat dan aliran modal asing yang masih tinggi, sehingga berdampak positif pada neraca pembayaran Indonesia (NPI)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024