Tarik Investor, RI Tertinggal dari Malaysia

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia : Pembangunan Rusun
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Indonesia dinilai masih ketinggalan jika dibandingkan dengan negara lain dalam memikat investor asing, khususnya dari negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

"Indonesia perlu memperbaiki sejumlah indikator "doing business yang kerap jadi acuan investasi," ujar pejabat dari Kementerian Perekonomian Huda Bahweres saat berbincang dengan VIVAnews di Jakarta, 18 November 2010.

Menurut dia, ini terlihat dari peringkat Indonesia yang berada di urutan keempat sebagai negara tujuan investasi para anggota OECD. "Kita tertinggal dari Singapura, Thailand dan Malaysia."

Dia menekankan kebijakan investasi di Indonesia sebenarnya sudah cukup komprehensif. Namun peraturan yang berbelit menjadi keluhan investor asing. Orang yang mau melakukan usaha di Indonesia itu masih sulit.

Dia menjelaskan dari sisi peraturan, banyak faktor yang berperan. Misalnya, peraturan-peraturan Pemerintah Daerah yang  tidak mendukung pada investor untuk memulai usaha dan berinvestasi, UU Buruh yang masih menjadi ketakutan investor. Karena di Indonesia tidak mudah perusahaan memecat seorang buruh ini buat investor asing menjadi masalah. Dan Infrastruktur yang masih minim. Hal ini berpengaruh untuk para investor.

Menurut dia, sebetulnya sudah banyak UU yang diperbaiki, Indonesia juga memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010-2014, serta program 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu II yang mendukung kepada reformasi regulasi untuk iklim investasi.

"Namun, implementasinya belum berjalan sebagaimana mestinya," kata dia. "Padahal, jika itu sudah dijalankan luar biasa dampaknya pada investasi Indonesia."

Selanjutnya, tidak adanya kejelasan kepastian hukum, regulasi yang tumpang tindih, banyaknya peraturan dan berbelit-belit yang membuat investor bingung. Kurang jelasnya UU, korupsi dan pungutan lain yang pada kenyataannya masih banyak terjadi. Sumber daya manusia Indonesia juga harus lebih ditingkatkan lagi kedepannya agar secara kualitas tidak tertinggal. "Semua ini menjadi pekerjaan rumah Indonesia untuk lebih meningkatkan iklim investasi."

Kerja sama dengan OECD ini memberikan pencerahan bahwa sesungguhnya banyak hal yang harus diperhatikan guna meningkatkan investasi. Indonesia akan diuntungkan karena mereka menerbitkan buku oleh berjudul OECD Investment Policy Review on Indonesia. Ini bukan sekedar untuk mempromosikan Indonesia. "Namun, jika instansi yang berbicara akan lebih diperhatikan daripada individu."

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024