BISNIS

Siapa Penguasa Kawasan Bisnis Jakarta?

Kawasan segi tiga emas (CBD) Ibu Kota Jakarta sepertinya tak pernah mati dari pembangunan.

ddd
Senin, 22 November 2010, 10:53
Kawasan Sudirman, Jakarta
Kawasan Sudirman, Jakarta (VIVAnews/Maryadie)

VIVAnews - Kawasan segi tiga emas (central business distric/CBD) Ibu Kota Jakarta sepertinya tidak pernah mati dari pembangunan proyek-proyek properti para pengembang besar. Meski lahan semakin menyempit, para pebisnis properti tak pernah berhenti melebarkan usahanya.

Namun, siapa saja pengembang-pengembang yang saat ini terbilang menjadi penguasa di kawasan CBD yang terbagi menjadi kawasan Sudirman, Kuningan, Thamrin, dan Gatot Subroto, serta Satrio?

Menurut Arief Rahardjo, associate director Grup PT Cushman & Wakefield Indonesia, Artha Graha masih tercatat sebagai penguasa Sentra Kawasan Bisnis Sudirman. "Meski di situ ada Tan Kian, dengan proyek Pacific Place tapi ia tetap menggandeng Grup Artha Graha," ujarnya kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 22 November 2010.

Sedangkan di bilangan kawasan Sudirman lainnya, kata dia, di situ ada Tri Hatma atau Grup Agung Podomoro (APG) dengan Plaza Semanggi yang dibangun menjadi satu dengan Gedung Veteran Republik Indonesia.

Untuk kawasan Kuningan, dia mengaku terdapat sejumlah pengembang besar seperti PT Bakrieland Development Tbk dengan proyek besarnya Rasuna Epicentrum Kuningan, PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk (JSI) dengan Plaza Setibudi dan Setiabudi One Entertainment Centre, serta Tan Kian dengan Ritz Calton dan JW Marriot.

Di kawasan Thamrin, Arief menyebut terdapat Grup Djarum yang membangun Grand Indonesia, mal paling mewah di Indonesia. Serta Plaza Indonesia, pusat perbelanjaan yang dikembangkan PT Global Property Development Tbk (sebelumnya bernama PT Kridaperdana Indahgraha Tbk).

Sedangkan untuk kawasan Gatot Subroto, terdapat PT Mulia Indoland, yang membangun Wisma Mulia, Wisma GKBI, Mal Taman Anggrek, dan Hotel Mulia.

Sementara itu, di kawasan bisnis Satrio diperebutkan sejumlah pengembang besar seperti Grup Agung Podomoro dengan proyek Kuningan City dan Grup Ciputra dengan proyek besarnya Ciputra World. "JSI juga ada di Satrio, tetapi lahanya belum dibangun," kata dia. (hs)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Furqanuddin
22/11/2010
klo buat penguasa khusus di jl.sudirman nya, siapa yah??
Balas   • Laporkan
Putra09
22/11/2010
Lippo emang ada proyek propertinya di belakang Plaza Semanggi, yaitu hotel dan apartemen tapi bukan di Plaza Semangginya Bos.
Balas   • Laporkan
sapto
22/11/2010
bukannya plasa semanggi sudah beralih ke groupnya Lippo?
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com