BISNIS

10 Negara dengan Cadangan Devisa Terbesar

Cadangan devisa Indonesia masih kalah dengan Thailand dan Malaysia.

ddd
Kamis, 25 November 2010, 13:13
Tumpukan uang dolar
Tumpukan uang dolar (AP Photo/Ahn Young-joon)

VIVAnews - Cadangan devisa Indonesia diperkirakan melewati angka psikologis US$100 miliar pada akhir tahun ini. Hingga akhir Oktober, cadangan devisa Indonesia berada di level US$91,799 miliar atau menembus rekor baru.

Angka itu dianggap sebagian kalangan cukup aman untuk menopang fluktuasi perekonomian global. Namun, cadangan devisa Indonesia bukan berarti apa-apa jika dibandingkan negara maju lainnya.

Cadangan devisa Indonesia masih kalah dibandingkan Thailand yang menempati urutan 14 dengan total US$157 miliar pada akhir September 2010, atau dengan Malaysia yang masuk ranking 19 dengan cadangan devisa US$104,6 miliar pada Oktober.

Sementara meski sebagai negara ekonomi terbesar, Amerika Serikat hanya berada di urutan ke 17 dengan cadangan devisa US$136,53 miliar.

Lantas, negara mana saja memiliki cadangan devisa paling besar di dunia? ini urutannya, yang VIVANews kutip dari laman rediff.com

1. China
Pertumbuhan Ekonomi Cina : Shanghai Negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tercepat  serta populasi terbesar di dunia ini mencetak rekor sebagai negara dengan cadangan devisa paling banyak di dunia. Total cadangan devisa China sebesar US$2,65 triliun pada akhir September 2010.

Menurut People's Bank of China, kepemilikan mata uang asing naik US$194 miliar. Perdagangan China mencetak surplus dan aliran dana investasi juga menaikkan cadangan devisa, naik 16,5 persen pada akhir September.

2. Jepang
Papan reklame LCD di gedung-gedung Kota Tokyo Cadangan devisa Jepang juga mencatat rekor baru yaitu US$1.110 triliun di akhir September 2010. Cadangan devisa Jepang tumbuh US$39,44 miliar dalam empat bulan terakhir. Padahal selama November 2009, cadangan devisa Jepang dibawah US$1.074 triliun.

3. Rusia
Red Square, salah satu objek wisata tersohor di Rusia Cadangan emas dan mata uang asing Rusia justru turun ke US$495,6 miliar pada akhir Oktober dari US$498,7 miliar. Meski begitu, negara yang dikenal sebagai pengekspor sumber daya alam papan atas dunia ini menempati posisi ketiga sebagai negara dengan cadangan devisa terbesar.

4. Saudi Arabia
Jam Gadang baru di Kota Suci Mekah, Arab Saudi Negara kaya asal Timur Tengah ini rupanya mempunyai cadangan devisa US$ 410,3 miliar pada Desember 2009.  Saudi dikenal sebagai salah satu negara ekspor minyak mentah terbesar di dunia.

5. Taiwan
Cadangan devisa Taiwan naik dalam 24 bulan berturut-turut dan mencatat rekor tertinggi pada Oktober di level US$383,84 miliar. Angka ini naik US$3,33 miliar dari bulan sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Taiwan dalam dekade setelah Perang Dunian II telah mengubah salah satu dari empat macan Asia ini. (hs)

Bersambung...

Baca Juga
10 Negara Super Makmur di Dunia
10 Negara Paling Miskin di Dunia
10 Propinsi Paling Miskin di Indonesia
10 Bandara Terbaik di Dunia



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id