BISNIS

Chairul: Ekonomi RI Bisa Kalahkan Jepang 2030

Salah satu keunggulan Indonesia dibanding Jepang adalah faktor demografi yang lebih baik.

ddd
Senin, 29 November 2010, 15:07
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia  

VIVAnews - Pengusaha Chairul Tanjung optimistis Indonesia bisa mengalahkan kekuatan ekonomi Jepang pada 2030. Bahkan, dia meyakini Indonesia bakal  menjadi negara maju di urutan kelima dalam dua dekade lagi.

"Pada 2030 urutan kekuatan ekonomi terbesar di dunia adalah China, Amerika Serikat, Uni Eropa, India dan Indonesia," ujar bos Grup Para, Chairul Tanjung dalam sebuah diskusi di Jakarta Senin 29 Oktober 2010..

Kenapa Indonesia bisa menggeser kekuatan ekonomi Jepang?

Kata Chairul, salah satu keunggulan Indonesia dibanding Jepang adalah faktor demografi yang lebih baik. Pada 2030, negara Matahari Terbit itu akan lebih banyak diisi oleh orang tua, sedangkan  Indonesia justru didominasi oleh penduduk usia produktif.

"Kalau orang tua makin lama makin tua, negara akan lebih banyak membiayai seperti pensiun dan masalah kesehatan, sedangkan uang untuk pertumbuhan ekonomi lebih sedikit," kata Chairul.

Sedangkan, pada 2020, Chairul memperkirakan Indonesia akan menjadi negara maju di urutan ke-9. Pada saat itu, total penduduk Indonesia mencapai 268 juta yang terdiri dari 134 juta laki-laki dan 134 juta perempuan. "Usia produktif 136 juta atau (51 persen)," kata dia.

Sebelumnya, lembaga keuangan asing, yakni Standard Chartered Bank sudah memperkirakan pada 2030, ekonomi Indonesia akan mengalahkan Jepang. Pada tahun itu, Indonesia menempati peringkat ke lima negara terbesar, sedangkan Jepang peringkat ke enam.

Dalam laporan khusus Stanchart berjudul "The Super-Cycle Report", Indonesia mulai menjadi negara bersinar yang semula menempati peringkat ke-28 pada 2000, bakal menjadi salah satu raksasa ekonomi ekonomi dunia dalam dua dekade mendatang.

Berada di posisi kelima, kata Stanchart, Indonesia akan tampil mendampingi China, Amerika Serikat, India dan Brazil.

Baca Juga: Lima Raksasa Ekonomi 2030



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
happy fitrianto
10/12/2010
bisa! dimulai dari bangun masing-masing diri kita.
Balas   • Laporkan
willys
09/12/2010
mimpi ?
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com