Oleh-Oleh Rokok dari Luar Negeri Dibatasi

Minuman keras dan rokok ilegal disita
Sumber :
  • Syarif Abdullah | Surabaya Post

VIVAnews - Pemerintah memperbarui aturan soal pengenaan bawaan dari luar negeri yang nilainya di atas US$250 per orang. Aturan tersebut mulai berlaku 1 Januari 2011.

Menurut Dirjen Bea Cukai Thomas Sugijata, ketentuan tersebut bukan hanya berupa pengenaan bea masuk bagi barang-barang bawaan dari luar negeri dengan nilai atau harga melebihi batas maksimal. Tetapi, juga berlaku bagi barang-barang bawaan khusus, seperti minuman beralkohol dan rokok.

"Kalau narkoba sudah jelas langsung disita karena sudah jelas dilarang," ujar Thomas kepada VIVAnews di Jakarta, 2 Desember 2010.

Namun, jika yang dibawa penumpang dari luar negeri berupa rokok dan minuman beralkohol masih diizinkan. Cuma, jumlahnya dibatasi. Untuk produk minuman beralkohol dibatasi hanya 1 liter. Sedangkan, untuk rokok hanya diizinkan membawa sebanyak 200 batang rokok. Jika satu pak rokok berisi 10 batang, maka maksimal diizinkan membawa 20 pak rokok.

"Jika bawa rokok lebih dari 200 batang, maka akan disita dan dimusnahkan oleh petugas Bea Cukai," katanya. Selama ini, bagi penumpang yang membawa barang-barang itu secara berlebihan juga disita.

4 Perang Besar dalam Islam yang Terjadi di Bulan Syawal

Menurut dia, ketentuan ini sudah berlaku secara internasional. Negara-negara lain juga menerapkan standar yang sama untuk produk-produk sejenis. Di bandara Singapura malah lebih ketat. "Bagi penumpang yang masuk Singapura dan diketahui membawa dua pak rokok saja langsung disita."

Ketentuan mengenai batasan membawa barang dari luar negeri ini termuat dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188 Tahun 2010 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman. Ketentuan diterbitkan pada 29 Oktober 2010 dan mulai berlaku pada 1 Januari 2011.

Ilustrasi Gerhana Bulan Mars.

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

Tanda-Tanda Kiamat Sugra (Kecil) .Diutusnya Rasulullah SAW Semua rasul diutus oleh Allah SWT untuk kaumnya. Mereka diutus agar beriman kepada Allah SWT. Ini deretannya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024