Komisi VII 'Usir' Pertamina dan BPH Migas

Mantan Dirut PT Pertamina, Karen Agustiawan rapat bersama Komisi VII DPR RI.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews- Komisi energi mengusir jajaran Direksi Pertamina dan BPH Migas pada saat rapat kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Alasannya, Pertamina dan BPH Migas tidak terkait dengan rapat kerja Menteri ESDM yang membicarakan tambahan kuota BBM bersubsidi 2010.

Sebelum rapat dimulai, telah terjadi hujan interupsi dari anggota Komisi VII.  Salah satu anggota, Sutan Bhatoegana mempertanyakan mengapa Pertamina dan BPH Migas mengikuti rapat kerja.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Menurutnya Komisi VII hanya mengundang pemerintah saja."Kemarin kita sudah bertemu, cukuplah kami dengan Pak Menteri dan jajarannya, kalau mau koordinasi itu di luar, dari pada menunggu di sini," kata dia.

Sementara anggota dari fraksi PDI-P, Dewi Aryani juga mempertanyakan kehadiran pejabat dua institusi itu. Dia beralasan pihaknya menghormati Menteri ESDM. Ia khawatir jika kinerja Darwin dikritik di depan pejabat Pertamina dan BPH Migas, maka wibawa Darwin akan jatuh. "Maka dengan hormat kami mempersilakan Pertamina dan BPH Migas untuk meninggalkan ruangan ini," katanya.

Menanggapi hal tersebut, pimpinan sidang Ketua Komisi VII Teuku Riefky mengakomodasi para anggota dengan mempersilakan Pertamina dan BPH Migas meninggalkan ruangan Komisi VII.

Maka beberapa jajaran Pertamina, seperti Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Direktur Pemasaran Pertamina Djaelani Sutomo dan Kepala BPH Migas Tubagus Haryono meninggalkan ruangan rapat kerja.

Sementara Menteri ESDM Darwin Saleh mengatakan berdasarkan undangan yang diterima, agenda utama adalah menyangkut pengawasan BBM bersubsidi. Darwin pun menyetujui dalam rapat kerja saat ini fokus realisasi BBM bersubsidi. Namun untuk masalah penghematan subsidi 2011 akan diagendakan dalam pertemuan selanjutnya.

Usulan Darwin ini lalu disetujui oleh pimpinan sidang, yang memutuskan soal pembatasan subsidi 2011 akan diagendakan Senin besok. "Pembatasan BBM bersubsidi hari Senin. Sekarang agenda membicarakan tambahan kuota BBM bersubsidi 2010," ujar Teukur Riefky. (umi)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024