Darwin: Pertamina Siap Bersaing Lawan Shell

SPBU Shell
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menter Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengatakan sebagai perusahaan minyak nasional, Pertamina telah siap bersaing dengan perusahaan minyak lain seperti Shell. Kesiapan itu terkait dengan larangan premium pada 1 Januari 2011 mendatang.

"Kalau untuk perusahaan nasional belum siap, tentu kami lindungi, tapi untuk di bisnis hilir Pertamina sudah siap," kata Darwin di Jakarta, Kamis 9 Desember 2010.

Menurut Darwin, pemerintah tidak khawatir konsumen Pertamina akan beralih ke Shell terkait perbedaan harga yang tidak berbeda jauh antara produk Pertamina, Pertamax dengan Produk Shell, Super. Bahkan harga Pertamax sekarang lebih mahal Rp 50 per liter.

Kompetisi antara Pertamina dengan SPBU asing seperti Shell dinilai Darwin bagus untuk kepentingan masyarakat. Darwin yakin dengan persiapan Pertamina sekarang.

"Kompetisi bisa tidak bagus kalau perusahaan nasional tidak siap, kalau ditanya apakah sudah siapkan Pertamina? Alhamdulilah sudah siap," kata Darwin.

Dengan begitu, lanjut Darwin, Pertamina akan masuk ke dalam mekanisme pasar. Menurut Darwin, dengan masuknya Pertamina dalam mekanisme pasar maka dapat meningkatkan daya kompetisi Pertamina, khususnya hilir Pertamina.

Darwin berpesan kepada masyarakat agar tidak usah khawatir berlebihan terkait penghematan BBM bersubsidi pada 2011. Menurutnya pemerintah akan melaksanakan sebaik-baiknya agar masyarakat yang golongan mampu tidak membeli premium, sehingga dapat digunakan kepada masyarakat yang berhak. (hs)

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024