Ini Instansi Yang Tunggu Kenaikan Remunerasi

Ilustrasi/Pegawai Negeri Sipil.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Program reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah dijalankan secara bertahap. Baru-baru ini DPR menyetujui 6 lembaga yang mendapatkan peningkatan remunerasi. Sisanya, masih harus menunggu pembahasan tahun depan. Persetujuan DPR ini ditunggu oleh pegawai negeri sipil karena tentu berdampak pada peningkatan pendapatan mereka hingga berkali lipat.

Lembaga mana saja yang gaji pegawainya bakal dinaikkan?

Berdasarkan bahan yang disampaikan ke DPR, Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada 23 Juli 2010 telah mengusulkan perbaikan sistem penggajian di Kementerian Hukum dan HAM kepada Menteri Keuangan. Rancangan Peraturan Presiden untuk ini masih menunggu persetujuan Menkeu. Lembaga lainnya adalah Kejaksaan Agung yang juga masuk daftar program Reformasi Birokrasi tahun ini.

Total, ada 11 kementerian dan lembaga yang menjadi target program Reformasi Birokrasi pada 2010. Enam lembaga yang baru disetujui adalah  Kepolisian RI, TNI, Kementerian Pertahanan, Kementerian PAN dan RB, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, dan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Sedangkan lembaga yang terlebih dulu disetujui adalah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Di luar itu, masih ada 17 instansi lain yang juga menunggu masuk daftar. Mereka sudah mengajukan dokumen usulan untuk mengikuti program reformasi birokrasi, namun belum diproses lebih lanjut. Instansi-instansi tersebut adalah: Kementerian Perindustrian, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Kementerian ESDM, Badan POM, Badan Kepegawaian Negara, Lemabga Administrasi Negara, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Pertanian, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Perdagangan, Lemhanas, Arsip Nasional RI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kehutanan, dan Badan Pusat Statistik.

Bekerja di instansi yang mengikuti program reformasi birokrasi membuat pegawainya menikmati gaji yang menggiurkan. Seperti halnya yang ditelah ditunjukkan Kementerian Keuangan. Pejabat eselon I di instansi ini bisa menerima penghasilan Rp40 juta sebulan.

Begitu juga di Polri. Besaran tunjangan kinerja tertinggi untuk kepolisian adalah sebesar Rp21,3 juta per bulan. Itu belum termasuk gaji pokok dan tunjangan lainnya. Adapun tunjangan yang sama di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mencapai Rp19,3 juta. (kd)

Harga Eceran Tertinggi Beras Naik, Bos Bapanas Buka-bukaan Alasannya
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di IIMS 2024

Terpopuler: Bohongi Dokter yang Dikirim Ketum PSSI, 3 Pemain Timnas Indonesia Dicoret

Kurnia Meiga kembali jadi sorotan karena mantan istrinya bilang dokter yang dikirim Ketum PSSI Erick Thohir telah dibohongi.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024