BISNIS

Menkeu: Remunerasi TNI-Polisi Cair Bulan Ini?

Tunjangan kinerja itu bervariasi, untuk polisi paling tinggi Rp21,3 juta.
Senin, 20 Desember 2010
Oleh : Nur Farida Ahniar
Pasukan TNI

VIVAnews- Menteri Keuangan Agus Martowardojo siap mencairkan tunjangan atas perbaikan kinerja atau remunerasi pada bulan ini jika instansi yang telah disetujui secepatnya mengajukan anggaran. Tunjangan itu akan dibayar secara rapel selama 6 bulan sekaligus.

Agus mengaku sudah meminta sembilan kementerian/lembaga mempercepat proses pengajuan anggaran kepada Kementerian Keuangan. Selanjutnya Kementerian Keuangan akan mengalokasikan anggaran agar bisa secepatnya ditransfer.

Kementerian Keuangan sudah mempersiapkan diri melaksanakan transfer dana di bulan ini. "Saya ingin transfer bulan ini, asalkan kementerian dan lembaga siap," ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 20 Oktober 2010.

Menurut Agus, tunjangan kinerja itu akan diberikan berdasarkan tingkatan grade. Tunjangan itu berdasarkan job deksripsi, spesifikasi, valuasi dan resiko kerja. Masing-masing pejabat juga besarannya berbeda.

Dengan adanya tambahan tunjangan kinerja ini, maka total gaji atau penghasilan yang akan diterima pegawai akan bertambah besar. Tunjangan kinerja ini diberikan terkait dengan program reformasi birokrasi yang tengah dijalankan pemerintah.

Seperti diketahui, terdapat 9 instansi yang telah disetujui pemberian remunerasi. Instansi tersebut adalah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, BPKP, Kepolisian RI, TNI, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Besaran remunerasi tiap instansi berbeda-beda. Seperti contohnya untuk Kepolisian RI, remunerasi paling tinggi sebesar Rp21,3 juta per bulan, sementara untuk pejabat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara  sebesar Rp19,36 juta.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan remunerasi itu diharapkan bisa cair Januari, sebagai kado tahun baru bagi prajurit dan polisi yang telah bertugas. (hs)

TERKAIT
TERPOPULER